Sebagai seorang entrepreneur, kembali lagi diingatkan bagaimana sejatinya tugas utama mereka adalah membuat keputusan bisnis. keputusan yang akan menentukan bagaimana tujuan bisnis bisa tercapai atau tidak karena akan didasarkan kepada TP = TR – TC yaitu bagaimana meningkatkan total profit melalui peningkatan total revenue dan penurunan total cost. Semuanya berawal dari keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.


Salah satu hal mendasar yang perlu dipahami oleh entrepreneur dalam kerangka membuat keputusan bisnis adalah mencari akar masalah dari setiap permasalahan  yang mereka hadapi. Akar masalah itu akan menentukan kualitas keputusan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh entrepreneur yang dapat dilihat pada kualitas penyelesaian masalah yang dihadapi oleh entrepreneur sampai dengan dampak dari keputusan tersebut, khususnya dampak positif.

Mencari akar masalah relevan dengan bagaimana intisari daripada permasalahan yang dihadapi oleh entrepreneur. salah satu tool yang seringkali dianalisis adalah mulai dari program, keuangan, fasilitas, SOP sampai dengan sumber daya manusia. Hal-hal ini akan sangat relevan dengan bagaimana seorang entrepreneur menganalisis permasalahan dan mencari akar masalahnya. Ketika sebuah masalah sudah ditemukan akar masalah, maka sebagian besar masalah itu akan terselesaikan dengan baik.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka akan diketahui bahwa akar masalah dari sebuah masalah dalam perusahaan itu berawal dari sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan. hal ini penting untuk dipahami karena berhubungan dengan bagaimana sebuah perusahaan terdiri dari orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai tujun  yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur sendiri. Tidak dapat dipungkiri hal ini akan menentukan kualitas masalah dari sebuah perusahaan.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa biasanya akar masalah sebuah permasalahan, baik keuangan, pemasaran, operasi ataupun sumber daya manusia itu adalah sumber daya manusia itu sendiri. Hal ini relevan dengan kompetenti yang mereka miliki. Jangan sampai analisis menjadi salah ketika tidak memahami manusia dengan baik.
Manusia itu memiliki pengetahuan, keterampilan serta sikap dalam bekerja. Maka, tinjaulah akar masalah dari pengetahuan karyawan tentang pekerjaan yang mereka lakukan. Pengetahuan yang baik akan menjadi dasar bagi mereka bekerja. Kemudian, keterampilan karyawan dalam mengerjakan sebuah aktivitas. Penting bagi entrepreneur untuk menganalisis keterampilan mereka. Yang tidak kalah penting adalah sikap setiap karyawan dalam bekerja. Bahkan faktor ini sangat dominan dalam menjalankan tugas. Inilah yang harus dianalisis oleh entrepreneur dalam rangka mencari akar masalah dari sebuah permasalahan yang mereka hadapi.
STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: