Entrepreneur tidak akan pernah bekerja sendiri karena kalau itu terjadi, entrepreneur tersebut masih “gagal” dalam menumbuhkembangkan bisnis dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Kenapa demikian? Tidak mungkin bisnis itu bisa dikerjakan sendiri karena permasalahan bisnis tersebut semakin kompleks dan membutuhkan sumber daya manusia yang dapat mengerjakan berbagai kegiatan yang bersifat rutin.

1.       Buatlah kontrak kerja
Kontrak kerja akan memberikan value yang bersifat strategik bagi entrepreneur dan karyawan dalam membangun hubungan satu sama lain dalam konteks bisnis. entrepreneur membutuhkan kontrak kerja agar bisa membuat kepastian karyawan bekerja. Bagi karyawan, mereka juga jadi tenang karena adanya jaminan dari perusahaan.


2.       Gambarkan pekerjaan yang harus dilakukan
Disinilah perlunya gambaran yang detail tentang pekerjaan yang harus diketahui oleh para karyawan sehingga mereka bisa bekerja fokus pada tugas yang sudah digambarkan tersebut. Jangan sampai salah dalam membuat gambaran pekerjaan karena itu berhubungan dengan bagaimana pekerjaan yang wajib mereka lakukan.

3.       Gambarkan kewajiban
Yang tidak kalah pentingnya adalah kewajiban  yang melekat pada diri setiap karyawan. dengan kewajiban ini, bisa membuat karyawan bisa fokus pada apa yang harus mereka kerjakan di perusahaan.

4.       Gambarkan hak karyawan
Setelah kewajiban, tentu adanya hak dari setiap karyawan dalam bekerja. Tidak bisa dipungkiri bahwa karyawan itu memiliki hak yang memang harus mereka dapatkan setelah bekerja. Hak inilah yang menjadi dasar mereka mau bekerja. Hak dari aspek kompensasi, hak atas fasilitas pendukung bekerja sampai dengan hak yang berhubungan dengan kondisi kerja.

5.       Buat komitmen bersama
Fondasi dari kontrak kerja adalah bagaimana membangun sebuah komitmen bersama dalam bekerja sehingga setiap pihak, baik entrepreneur dan karyawan bisa fokus dalam bekerja. Komitmen yang tidak hanya tertulis, akan tetapi juga terpatri dalam diri entrepreneur dan karyawan dalam bekerja.

6.       Jelaskan kepada mereka
Penjelasan yang baik kepada karyawan menjadi kunci sukses karena sejatinya karyawan harus tahu dan paham serta paham dengan tugas yang mereka dapatkan dalam kontrak kerja.

7.       Evaluasi dan lakukan perbaikan terus menerus
Sebagai seorang entrepreneur, jelas harus terus melakukan evaluasi dan perbaikan terus menerus seiring dengan perubahan lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal perusahaan.

Inilah beberapa tips HUMAN RESOURCES MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
STRABIZ Management Consulting


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: