Business Today

Melihat berbagai pemberitaan di media cetak maupun elektronik, didapatkan bagaimana kasus korupsi yang sangat intens terjadi di negara ini. mulai dari pemerintah daerah, baik bupati maupun walikota, sampai dengan gubernur, menteri dan pejabat negara lainnya. Luar biasa yang terjadi di negara ini dimana korupsi sudah merajalela. Tidak hanya eksekutif, akan tetapi, sudah masuk ke ranah legislative dan yudikatif  yang sejatinya mereka adalah penegak hukum.

Tentu diharapkan hal ini tidak akan terjadi lagi di negara ini. sudah banyak kerugian yang diderita rakyat karena ulah para pemimpin y ang tidak juga sadar diri dengan tidak melakukan korupsi. Padahal, dengan kejadian itu, hancur sudah diri dan keluarga serta bangsa ini. rasanya, rakyat sudah muak dengan perilaku pemimpin yang selalu memanfaatkan jabatan mereka untuk mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin.



Sebagai seorang entrepeneur, pelajaran yang sangat berharga dalam melihat berbagai kejadian korupsi di negara ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran akan pentingnya etika bisnis dan harus menetapkan dalam diri mereka untuk tidak melakukan korupsi. Hal ini menjadi fondasi bagi setiap entrepreneur dalam membangun bisnsi yang profitable, people, planet sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Kesadaran ini adalah hal mendasar dan tidak boleh dianggap enteng oleh entrepreneur. jangan sampai salah melihat bisnis yang hanya dijalankan seperti biasa saja karena tantangan entrepreneur kedepan adalah bagaimana membuat bisnis sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan oleh entrepeneur itu sendiri. Oleh karena itu, entrepreneur harus fokus mendalami etika bisnis yang didasarkan kepada norma hukum, norma agama, norma sosial dan norma budaya.

Yang tidak kalah penting akhirnya adalah menjalankan etika bisnis dalam setiap keputusan bisnis. pertimbangan yang harus diambil oleh entrepreneur adalah keputusannya harus sesuai dengan norma yang ada dan harus benar-benar menjauhi korupsi. Jangan sedikitpun mencoba melakukan kegiatan korupsi karena akan menjadi hal yang besar dalam konteks korupsi yang semakin besar dalam diri, bisnis dan aktivitas bermasyarakat lainya.

Oleh karenan itu, sudah harus menjadi komitmen untuk belajar dan menjalankan etika bisnis serta gerakan anti korupsi dalam setiap keputusan dan aktivitas bisnis para entrepreneur. jadikan ini sebagai dasar bagi entrepreneur. bagaimana dengan anda? Sudahkah siap untuk mendalami dan menjalankan etika bisnis dan gerakan anti korupsi? Hmmmmm…


Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: