Menjadi bawahan seorang leader adalah kesempatan yang sangat berharga bagi karyawan untuk bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Tentu kalimat ini harus dipahami dengan baik sehingga bisa menjadi arahan bagi setiap karyawan dalam bekerja untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh seorang leader yaitu berkontribusi pada pencapaian tujuan perusahaan dalam konteks profit, people, planet, sustainaibility serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Peran seorang follower pada hakekatnya sangat strategik bagi perusahaan. seringkali perusahaan yang mengalami permasalahan ketika seorang follower tidak mampu bekerjasama dengan atasan karena adanya ego yang dimiliki oleh follower. Atau bahkan yang lebih bermasalah lagi adalah ketika seorang follower tidak memiliki standar dalam bekerja sesuai dengan yang diharapkan oleh seorang leader dalam perusahaan. jangan disalahkan terus atasan dalam bekerja.

Hal yang penting sekali bagi setiap follower adalah bagaimana mereka memiliki standar dalam bekerja untuk mencapai tujuan bisnis. standar dalam bekerja itu dapat digambarkan dalam konteks bagaimana seorang bawahan memiliki job description atau gambaran kerja yang diberikan oleh perusahaan. Hal ini penting bagi setiap karyawan untuk meminta kepada atasan tentang gambaran kerja yang harus dilakukan dalam pekerjaan tersebut.

Ada beberapa informasi penting dalam job description yaitu nama bidang pekerjaan, gambaran tugas, ap a yang harus dilakukan serta nanti berhubungan dengan siapa. Hal ini harus dipahami dengan baik oleh setiap bawahan dalam bekerja. Tidak dapat dipungkiri bahwa job description menjadi kunci sukses dalam bekerja.
Hal selanjutnya bagi karyawan adalah bagaimana mendapatkan target yang hendak dicapai dalam peekrjaan. Target ini berupa kualitas pekerjaan yang harus diselesaikan sehingga akan dapat dipahami oleh setiap karyawan bagaimana mereka dapat mencapai target tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa semuanya harus terukur dengan baik.

Dimensi waktu menjadi penting juga bagi bawahan untuk memastikan bagi karyawan. tidak boleh tidak ada kejelasan dalam setiap pekerjaan dalam artian bahwa dimensi waktu yang kabur, karyawan menjadi tidak bisa fokus dalam bekerja untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh atasan itu sendiri. Jelas tidak bisa dipungkiri bahwa karyawan itu harus memiliki pemahaman yang baik terhadap job description, target yang hendak dicapai serta dimensi waktu yang melekat pada setiap tugas yang ada dalam perusahaan.

STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: