Menjadi seorang bawahan adalah hal  yang menarik karena sejatinya, seorang bawahan akan mendapatkan banyak hal dari pimpinan mereka. Demikian juga seorang entrepeneur yang harus menjalankan peran sebagai seorang bawahan dalam konteks menjalankan bisnis. tidak bisa dipungkiri bahwa entrepreneur itu akan sukses bila mereka menjalankan peran sebagai follower dimana kami teringat dengan pernyataan dari seorang filusuf yaitu anyone who can be a good follower, he or she will be a good leader.


Salah satu hal yang menjadi dasar dari pelajaran kalimat di atas adalah bagaimana seorang bawahan memahami cara berfikir para pemimpin mereka. Cara berfikir dimana para bawahan melihat dari bagaiamana mereka melihat peran mereka sebagai seorang leader. Jelas hal ini penting bagi bawahan agar bisa mempertemukan antara apa yang dibutuhkan, diinginkan serta diminta oleh para atasan.

Selain itu, cara berfikir mereka terhadap bisnis yang dijalankan oleh setiap leader ataupun pemegang saham yang jelas dimiliki oleh setiap bisnis. para entrepreenru harus bisa menjalankan peran sebagai seorang leader dan juga bagaimana merka berperan sebagai seorang follower dalam bisnis tersebut khususnya dalam konteks bagaimana mereka memiliki shareholdes, menjadi bagian dari masyarakat yang memiliki pemimpin dalam hal ini pemerintah  yang menjalankan peran sebagai seorang regulator.

Oleh karena itu, hal yang penting bagi bawahan adalah memahami cara berfikir pimpinan. Caranya? Bertanyalah kepada orang-orang yang mengenal baik pimpinan ataupun yang pernah bekerja dengan pimpinan tersebut. Mereka pasti sudah mengetahui ap a yang difikirkan oleh pimpinan dan juga bagaimana mereka berfikir dan berucap serta bertindak dalam kerangka mereka bekerja untuk mencapai tujuan bisnis dan juga tujuan perusahaan.

Selain itu, bawahan juga perlu berdiskusi dengan pimpinan dan menangkap apa yang mereka sampaikan kepada diri setiap bawahan. Cara berikir seorang pimpinan akan dapat diketahui dengan cepat ketika berdikusi dengan mereka. Pastinya banyak informasi yang didapat oleh bawahan selama mereka dipimpin oleh seorang pemimpin bisnis.

Inilah yang harus dilakukan oleh seorang bawahan terhadap pimipinan mereka yaitu bagaimana bisa memahami pikiran atasan. Ketika ini bisa dilakukan dengan baik, maka akan lebih mudah menemukan  irisan antara apa yang difikirkan atasan dengan apa yang difikirkan oleh bawahan itu sendiri. Maka, akan mudah untuk bekerjasama untuk mencapai tujuan.


STRABIZ Management Consulting


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: