Hal yang seringkali dilupakan oleh entrepreneur muda muslim adalah bagaimana selalu menggantungkan diri dan bisnis kepada Allah SWT melalui sholat yang sejatinya dijalankan minimal lima kali sehari dan semalam. Menggantungkan diri kepada Allah SWT adalah hakekat hidup di dunia ini dimana Allah SWT itu adalah maha pencipta alam dan isinya. Allah SWT itu adalah penguasa alam dan isinya dan oleh karena itu, entrepreneur muda muslim adalah umat yang sangat beruntung dan menggantungkan diri kepada Allah SWT dalam kehidupan dan apalagi dalam bisnis.

Sholat adalah tiang agama Islam dan menjadi jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dimana dengan sholat, dipenuhi oleh doa-doa kepada Allah SWT dan menyerahkan diri kepada-Nya. Rasanya, ada satu hadis yang menyatakan bahwa perumpamaan seorang umat muslim itu dalam menjalankan sholat lima waktu adalah seperti seseorang yang memiliki rumah dan diepan rumahnya ada sungai dan mereka mandi lima kali sehari dan semalam.


Itu adalah bentuk bagaimana seorang entrepreneur muda muslim yang fokus dalam mendisiplinkan diri menjalankan ibada Sholat lima waktu. Tentu bentuknya adalah bagaimana entrepreneur muda muslim memperbaiki sholat dengan menjalankannya lima waktu dengan tepat waktu, khususnya dalam bentuk sholat berjamaah di mesjid. Hal ini adalah entuk perbaikain kedua dimana menjalankan sholat berjamaah di mesjid dimana juga akan terbangun silaturahmi dengan jamaah lainnya selain tentunya membangun kedisiplinan yang tinggi.

Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur muda muslim memperbaiki wuhu’ untuk setiap sholat. Wudhu’ adalah bagian utama juga dalam sholat dimana mereka harus memperbaiki wudhu’ agar benar. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari wudhu’ yang benar yang dapat memberikan value kepada diri dengan merontokkan dosanya. Semuanya harus benar-benar dilakukan sesuai dengan petunjuk dan cara yang diberikan oleh Rasulullah.

Perbaikan keempat adalah bagaimana entrepeneur muda muslim fokus dalam sholat yang khusu’. hal ini penting karena disinilah menyerahkan diri dan ingat kepada Allah SWT. Jangan sampai tidak khusu’ karena tidak akan bisa memahami sholat dengan baik. Orang yang khusu’, akan dapat memahami apa yang diucapkan dan hanya ingat kepada Allah SWT.


Disinilah seorang entrepreneur muda muslim bisa memaknai bagaimana mereka bisa menyerahkan diri kepada Allah SWT dan memahami setiap apa yang ada dalam sholat tersebut yang benar-benar berisikan doa kepada Allah SWT. Hmmmm ..hayo kita perbaiki sholat yuk. Bismillahirrahmanirrahim. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: