Business Today
Hari ini, 21 April 2016, bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini yang disimbolkan banyak sekali wanita Indonesia yang menggunakan kebaya. Peringatan ini menjadi momentum bagaimana wanita Indonesia memiliki emansipasi untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas kehidupan di negara ini. begitu bermakna apa yang sudah dilakukan oleh RA Kartini dalam membuat perubahan dimana dulu wanita sangat dibatasi dalam berbagai aktivitas.

Sebagai seorang entrepeneur, khususnya entrepreneur wanita, tentu ada pelajaran yang sangat berharga khususnya dalam menjalankan dan menumbuhkembangkan bisnis yang tidak hanya dijalankan oleh kamu pria saja. Pertama, jelas emansipasi wanita ini memberikan kesempatan kepada wanita untuk menjadi seorang entrepreneur dengan memilih bisnis yang sesuai dengan potensi diri dan passion serta pengetahuan, keterampilan, sikap dan morale masing-masing.


Wanita didorong untuk menjadi seorang entrepreneur, meskipun mereka sudah memiliki keluarga dan memiliki anak. Pilihan bisnis yang bisa dijalankan di rumah dengan tidak meninggalkan kodrat sebagai seorang istri dan ibu dari anak-anak mereka. Ini adalah salah satu bentuk emansipasi yang bisa dipilih dan dijalankan oleh entrepreneur. jangan terjebak dengan bisnis yang tidak relevan dengan potensi diri setiap wanita.
Yang kedua adalah bagi wanita yang sudah menjalankan bisnis, perlu diperhatikan bagaimana sejatinya seorang wanita memiliki keterbatasan dalam diri. Seorang wanita memiliki kodrat sebagai seorang istri dan ibu dari anak-anaknya. Seringkali terjebak dengan kegiatan bisnis yang dijalankan sehingga wanita lebih fokus kepada bisnis daripada kodrat mereka. Tentu hal ini tidak boleh terjadi sembarangan saja karena akan mempengaruhi bisnis wirausaha dalam jangka panjang. Tidak dapat dipungkiri bahwa wirausaha itu memiliki tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
Yang tidak kalah penting bagi wirausaha adalah bagaimana wirausaha wanita ini bisa fokus pada life balance atau menjaga keseimbangan antara kehidupan bisnis dan kehidupan pribadi serta keluarga. Ini adalah point utama bagi setiap entrepreneur wanita dimana mereka harus benar-benar bisa menjaga keseimbangan.
Inilah point utama yang dapat diambil dari peringatan Hari Kartini yang sangat diperingati oleh bangsa Indonesia. Ini adalah bagian dari utama dalam menjalankan bisnis yang sangat penting untuk setiap wirausaha wanita dalam memanfaatkan peluang yang ada dan juga bagaimana membangun bisnis dengan basis emansipasi wanita. Bagaimana dengan anda? hmmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: