Business Today

Salah satu bahasan yang sangat hangat di masyarakat adalah bagaimana penjemputan buronan negara dalam kasus BLBI yang sudah dicari-cari sejak tahun 2004. Penjemputan buronan yang sangat dipertanyakan oleh masyarakat yaitu bagaimana Jaksa Agung dan pejabat pemerintah menjemput orang yang sudah merugikan negara seolah-olah menjemput tamu negara. Tentu hal ini kontradiktif dengan penjemputan Ustad Abubakar Baasyir dan orang-orang yang diduga sebagai teroris bagi bangsa Indonesia. Pertanyaannya adalah bagaimana persepsi masyarakat terhadap apa yang mereka lihat, dengar dan rasakan dengan kejadian ini.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang bisa diambil dari kejadian ini. tentu seorang entrerpreneur selalu menyadari bahwa tugas utama mereka adalah membuat keputusan yang pastinya melibatkan banyak orang dalam artian dampak dari keputusan tersebut. Jelas bagaimana entrepreneur diharapkan memperhatikan setiap keputusan yang mereka buat dan berdampak kepada aspek bisnis untuk saat ini dan jangka panjang.



Hal yang mendasar dari keputusan itu adalah terlihat pada kebijakan, ucapan dan bahkan tindakan serta sikap entrepreneur yang dilihat oleh stakeholders. Pertama, dari kebijakan. Hati-hati dengan bentuk keputusan  yang dibuat entrepreneur karena kebijakan itu akan mempengaruhi aspek lainnya dalam kehidupan bisnis. kebijakan  yang salah, akan berdampak kepada bisnis itu sendiri. Dalam hal ini, kebijakan yang dibuat tidak hanya dalam konteks output, akan tetapi, juga sampai kepada outcome dan impact yang akan dirasakan dalam jangka panjang.

Adapun ucapan, akan didengar oleh stakeholders dari setiap entrepreneur. pilihlah kata-kata dan kalimat yang sesuai dengan entrepreneur dimana kalimat tersebut tidak merugikan orang lain. Hal ini tentu menjadi kunci bagaimana seorang entrepreneur di tengah masyarakat. Seringkali entrepreneur terjebak dengan ucapan yang tidak terkendali dan akhirnya merugikan entrepreneur itu sendiri. Jangan sampai ini terjadi.

Yang tidak kalah pentingnya adalah tindakan yang bisa dilihat oleh stakeholders. Tindakan Jaksa Agung dan Kepala BIN yang menyambut buronan BLBI sudah mencederai rasa keadilan yang ada di masyarakat dimana rasanya, tidak tepat pejabat menjemput orang yang sudah merugikan negara dengan tindakan dan keputusan seperti itu. 

Inilah pelajaran  yang sangat berharga dari penjemputan buronan BLBI yang sudah melarikan diri sejak tahun 2004. Seorang entrepeneur harus bisa memperhatikan keputusan, ucahan dan tindakan dalam setiap aktivitas mereka karena akan memberikan dampak kepada entrepreneur dan bisnisnya. Bagaimana dengan anda? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: