Salah satu skill yang sangat dibutuhkan dan harus terus dikembangkan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan peran sebagai seorang manajer adalah bagaimana memiliki keterampilan berfikir sistem. Hal ini menjadi kunci sukses seorang entrepreneur ketika dituntut untuk bisa mencapai tujuan perusahaan ditengah perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat, tidak bisa dikontrol, tidak pasti dan bahkan mengalami turbulensi.
Berfikir sistem dalam konteks managerial skill berhubungan dengan bagaimana proses manajemen yaitu planning, organizing, actuating sampai dengan controlling. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap entrepreneur memang dituntut untuk bisa memiliki dan menjalankan proses manajemen ini secara efekfit dan efisien. ini adalah indikator utama seorang entrepeneur dalam menjalankan manajemen.

Bicara tentang berfikir sistem merupakan kerangka berfikir dimana entrepeneur dituntuk memulainya dari perencanaan dari setiap aktivitas yang ada dalam bisnis dan harus dilakukan oleh entreneur. Hal ini bisa menjadi input dalam kerangka berfikir sistem. Input dimana setiap hal yang dianalisis dari lingkungan internal, eksternal maupun lingkungan pribadi dari para entrepreneur itu sendiri.
Barulah setelah itu entrepreneur menetapkan tujuan dari apa yang hendak dicapai dari aktivitas manajemen. Semuanya terangkum dalam perencanaan dan ini adalah konteks input. Selanjutnya adalah bagaimana mengorganize setiap sumber daya. Kemudian dilanjutkan dengan actuating dalam bentuk program, anggara, SOP sampai dengan orang yang menjalankan program tersebut. Semuanya terangkum dalam konteks proses dalam kerangka berfikir sistem. Proses ini menjadi penting bagi entrepeneur untuk dipahami dengan baik. Tidak akan ada hasil bila tidak ada actuating yang efektif dan efisien.
Yang terakhir adalah bagaimana entrepreneur itu melakukan evaluasi dan kontrol atas apa yang dilakukan dengan konteks actuating. Hal ini merupakan bagian dimana entrepeneur melihat output, outcome sampai dengan impact atas apa yang dijalankan dalam manajemen. Entrepreneur harus fokus pada berfikir sistem ini untuk bisa mencapai tujuan bisnis dengan baik. Jangan terjebak dengan berfikir parsial dengan memperhikan sebagian dari proses yang ada di planning, organizing, actuatinig dan controlling.
Inilah yang harus diipahami dan dijalankan oleh setiap entrepeneur dalam menjalankan peran sebagai sebagi seorang manajer dengan berfikir sistem. Sudah tidak ada lagi tawar menawar sehingga sudah waktunya entrepeneur fokus pada peningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap dalam berfikir sistem. Inilah yang membedakan entrepeneur sukses dengan yang lainnya.
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: