Ada satu pertanyaan yang sangat menarik ketika saya bertemu dengan karyawan dari perusahaan Multi National Company (MNC). Mereka bertanya, “pak Meriza, apakah hobi foto bisa menjadi bisnis yang bisa mendatangkan revenue yang cepat? Saya memiliki hobi foto dan perlengkapan foto yang ada disaya sudah memiliki standar yang sesuai dengan kebututuhan photographer professional” katanya. 

Sebagai seorang yang mendorong teman-teman karyawan untuk menjadi entrepreneur, tentu membuat saya terhening sebentar karena berhubungan dengan bagaimana pilihan seorang karyawan untuk menjadi entrepreneur. ini adalah pertanyaan yang sangat seringkali ditanyakan kepada saya, khususnya  yang memiliki hobi fotografi dan memiliki peralatan yang sesuai dengan standar fotografer professional. bahkan sudah berjalan kemana-mana dimana pengetahuan dan pengalaman fotografi yang dia miliki sudah sangat banyak.


Saya juga lagi mengembangkan bisnis fotografi, khususnya foto produk. Memang saya bukan seorang professional dalam foto grafi, tetapi, cukup tahu tentang fotografi. Saya juga memiliki perlengkapan fotografi yang dibutuhkan untuk foto. Salah satu bisnis yang saya kembangkan adalah foto produk yang dimiliki oleh para entrepreneur dan UMKM yang hendak memasarkan produk kepada konsumen.

Selain itu, saya juga membantu membuatkan profile company dari UMKM dan perusahaan dengan basis fotografi. Pelaku UMKM dan bahkan pemerintah membutuhkan profil dengan kualitas foto yang bagus. Demikian juga dengan foto-foto yang berhubungan dengan tempat wisata, kuliner dan lain-lain. Alhamdulillah, bisnis yang berhubungan dengan fotografi bisa saya kembangkan dengan bantuan dari tim yang tentunya jauh lebih professional daripada saya. Saya bangun kerjasama dengan tim dan bahkan pihak luar yang memiliki komitmen yang sama dengan saya.

Ada dua hal yang saya manfaatkan dari pengalaman bekerja di perusahaan orang lain yaitu pertama, konsep bisnis yang dipergunakan dalam mengelola bisnis yang berhubungan dengan fotografi ini. selain itu, yang tidak kalah penting adalah aspek manajemen yang saya dapatkan dan jalankan selama menjadi karyawan membantu saya mengelola tim yang pastinya jauh lebih baik daripada saya dalam konteks foto grafi.

Inilah hal yang sangat penting dari seorang karyawan dengan hobi fotografi dan merubahnya menjadi bisnis dengan basis ilmu bisnis dan manajemen yang didapatkan dari tempat bekerja. Ketiga keduanya bisa digabung, jadilah sebuah bisnis yang sangat luar biasa.


Masih takut memilih untuk jadi entrepreneur sukses? Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: