Salah satu modal terbesar seorang karyawan dalam membangun bisnis adalah sikap mereka dalam menjalankan peran sebagai seorang karyawan dalam perusahaan tempat mereka bekerja. Banyak hal yang sangat berharga ketika dihubungkan dengan sikap yang sudah mereka dapatkan dan bahkan ‘dipaksakan” oleh perusahaan kepada setiap karyawan dalam bekerja dan kalau dilihat secara mendalam, itu akan menjadi sebuah modal yang bersifat intangible.

Jangan sampai seorang karyawan melupakan bahwa mereka itu sebenarnya adalah orang yang sangat beruntung untuk memulai sebuah usaha dengan modal intangible yang berhubungan dengan bagaimana sikap bekerja. Seringkali entrepreneur gagal dalam berbisnis dikarenakan mereka tidak bisa bersikap secara professional dalam bekerja. Tentu hal ini tidak boleh terjadi karena akan membuat bisnis mereka menjadi tidak profitable, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.


Sikap itu sederhana yaitu bagaimana seseorang memberikan respon spontan terhadap apa yang datang kepada mereka. Respon ini akan memberikan gambaran bagaimana seorang entrepreneur menghadapi perubahan lingkungan diri sendiri dan lingkungan bisnis, baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi setiap saat sehingga sikap akan menentukan bagaimana entrepreneur bisa membuat keputusan yang tetap konsisten terhadap pencapaian tujuan bisnis di atas.

Kalau dilihat dari sikap yang ada dalam diri setiap karyawan, bisa tercermin dari kehidupan sehari-hari, menjalankan aktivitas pekerjaan di kantor dan juga berdasarkan budaya perusahaan yang ada dan dijalankan oleh manajemen dan perusahaan tersebut. Ada nilai, kebiasaan, kepercayaan, bahasa dan komunikasi yang dijalankan oleh karyawan dan manajemen di perusahaan tersebut.

Inilah yang harus dilihat oleh setiap karyawan menjadi sebuah modal mereka untuk memilih bisnis, menjalankan bisnis serta mengembangkan bisnis yang selama ini ditakuti oleh banyak karyawan. sikap yang professional dan bertanggungjawab, integritas, kreativitas dan inovasi, tekun, disiplin adalah beberapa sikap yang sangat dibutuhkan oleh seorang entrepeneru untuk menggapai kesuksesan dalam berbisnis.

Oleh karena itu, para karyawan perlu menyadari bahwa mereka itu memiliki sebuah modal yang bersifat intangible untuk menjadi seorang entrepreneur sukses yaitu sikap dan hal ini akan menentukan tingkat kesuksesan setiap karyawan dalam berbisnis nantinya. Dengan sikap yang didapat dari perusahaan tempat bekerja, bisa menjadi modal untuk menjadi entrepreneur sukses.


Masih takut memilih untuk jadi entrepreneur sukses? Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: