Ketakutan  yang selalu disampaikan oleh karyawan untuk memulai bisnis adalah mereka tidak yakin dengan diri mereka sendiri. Ketidakyakinan ini dibangun oleh kondisi yang selam ini melingkupi karyaan yaitu mereka berada dalam kondisi comfort zone. Ada kondisi yang selama ini membuat mereka nyaman dengan status karyawan dimana tidak perlu memikirkan gaji, mencari modal, tidak menanggung rugi dan lain-lain. Semuanya berada dalam konteks mereka sebagai seorang karyawan.
Hal ini adalah sebuah fakta yang pastinya dirasakan oleh setiap karyawan sehingga ketika ada pilihan untuk menjadi seorang pensiunpreneur, ada sebuah kegalauan dalam diri yang membuat takut untuk berbisnis. Sekali lagi, kondisi ini wajar bagi para karyawan yang akan memilih bisnis. akan tetapi, jangan sampai ketakutan dan kondisi galau ini membuat karyawan tidak mau memulai usaha. Jangan sampai terjadi.


Oleh karena itu, karyawan mulai mengembangkan diri dan jaringan dengan bergabung pada satu komunitas bisnis yang terdiri dari para karyawan yang dulu pernah juga berstatus sebagai karyawan perusahaan orang lain. Komunitas merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan kepentingan dan mereka juga memiliki kompetensi yang terdiri dari knowledge, skill dan attitude yang pastinya sangat relevan dengan kepentingan tadi. Selain itu, mereka memiliki irisan dalam konteks tujuan yang hendak dicapai.
Disinilah sejatinya seorang karyawan harus bisa mengoptimasi peluang yang ada dalam setiap komunitas. Dalam hal ini, mereka benar-benar bisa mendapatkan modal yang bisa berbentuk informasi, pasar, pengetahuan dan bahkan sampai dengan uang yang sangat dibutuhkan karyawan untuk mengembangkan bisnis masing-masing. ini akan dirasakan oleh entrepreneur karyawan ketika bergabung dengan komunitas.
Oleh karena itu, bagi karyawan yang sudah benar-benar berniat untuk menjadi seorang pensiunpreneur yang sukses, mulailah bergabung dengan komunitas bisnis. aktif disana dengan bertanya dan bahkan membagikan ilmu dan pengetahuan tentang bisnis dan manajemen yang sangat dibutuhkan oleh entrepreneur. adapun bagi karyawan, mereka sudah mendapatkan ilmu ini di tempat kerja. Hal ini menjadi sebuah keunggulan bagi karyawan dibandingkan dengan wirausaha yang lain.
Penting bagi karyawan untuk aktif dan mendapatkan benefit dari komunitas tersebut untuk memilih bisnis dan bahkan nantinya untuk mengembangkan bisnis dalam jangka panjang. Jangan hanya menutup diri dengan tidak bergabung di komunitas bisnis.  
Masih takut memilih untuk jadi entrepreneur sukses? Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: