“Pak Meriza, saya suka berjualan, apakah ini bisa menjadi peluang bisnis yang dapat saya jalankan setelah pensiun” tanya seorang karyawan perusahaan BUMN kepada saya. Pertanyaan yang bagi saya sangat mendalam dari seorang karyawan yang mengikuti sharing dengan saya tentang program pensiunpreneurship. Memang sekali lagi, berdasarkan pengalaman saya adalah bagaimana memilih bisnis yang sesuai dengan potensi diri dan passion yang ada dalam diri setiap karyawan untuk menjadi entrepreneur.

Kembali ke konsep awal, bagaimana memulai bisnis dengan basis suka jualan ketika bekerja. Hal ini sejatinya adalah awal yang bisa dijadikan sebagai potensi diri dan potensi bisnis yang bisa dikembangkan. Tinggal bagaimana karyawan. benar-benar bisa menentukan pilihan bisnis yang relevan dengan bisnis tersebut.  Apalagi bagi karyawan yang memang bekerja di bagian marketing untuk produk-produk yang dibutuhkan oleh pasar dan relevan dengan pekerjaan yang dijalankan sebagai seorang karyawan.


Intinya adalah bagaimana karyawan benar-benar melihat hobi atau suka mereka dalam berjualan adalah potensi bisnis yang harus dikembangkan dalam konsep bisnis itu sendiri. Banyak hal  yang bisa dijual oleh karyawan ketika memilih menjadi seorang pensiunpreneur. Salah satunya adalah produk-produk  yang sudah pernah dijual ketika dia masih bekerja. Hal ini bisa menjadi awal bisnis itu sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa produk perusahaan tempat bekerja bisa menjadi modal untuk menjadi seorang entrepreneur.

Oleh karena itu, sejatinya entrepreneur harus benar-benar memahami produk yang dijual dan juga konsumen dari perusahaan mereka masing-masing. hal ini akan menjadi faktor penentu kesuksesan karyawan menjadi seorang pensiunpreneur. Apabila ini sudah dilakukan, tentu bangunlah hubungan baik dengan perusahaan tempat bekerja, apalagi ketika mau resign dari tempat bekerja setelah memutuskan untuk menjadi seorang pensiunpreneur.

Langkah kedua adalah bagaimana seorang karyawan memilih pasar yang berbeda dengan ketika berstatus karyawan. hal ini relevan dengan bagaimana ekspansi pasar atas produk yang sudah diproduksi. Tentu perusahaan juga akan senang ketika seorang karyawan yang memilih menjadi pensiunpreneur dengan mengembangkan pasar. yakinlah mereka akan terus mendukung karyawan yang memilih jadi entrepreneur tadi. Hal ini saya rasakan ketika menjalankan bisnis dengan berjualan produk perusahaan dengan pasar yang berbeda dengan pasar yang sudah saya bina waktu saya berstatus karyawan. Hmmm… apalagi yang ditunggu, suka berjualan bisa menjadi dasar pilihan bisnis para karyawan.

So, masih takut memilih untuk jadi entrepreneur sukses? Ingat…….., NOW OR NEVER…..


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: