Business Today
Salah satu kejadian yang menjadi sorotan masyarakat Indonesia saat ini adalah reklamasi pantai di teluk Jakarta. Bahkan, pada hari Minggu, 17 April 2016, nelayan di Teluk Jakarta melakukan demonstrasi dengan menduduki beberapa pulau yang menjadi bagian dari reklamasi tersebut. Para nelayan merasakan bahwa pendapatan mereka sebagai nelayan jauh menurun dan juga terjadi kerusakan ekologi lautan akibat reklamasi tersebut.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang luar biasa dari kejadian ini. entrepreneur sejatinya harus bisa mencapai tujuan bisnis ekonomis dan lingkungan, termasuk lingkungan alam. Dalam konteks ini, seringkali disebut tujuan bisnis itu profit, people dan planet agar bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur tersebut bisa berkelanjutan serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil dan menengah.


Entrepreneur tidak bisa dilepaskan dari lingkungan sosial yaitu orang-orang yang berada di sekitar perusahaan atau tempat perusahaan beroperasi dimana orang-orang tersebut mempengaruhi ataupun terpengaruh oleh aktivitas ataupun kebijakan perusahaan. mereka adalah masyarakat yang memiliki kepentingan atas perusahaan. disinilah seorang entrepreneur harus melihat kebutuhan dan keinginan masyarakat di sekitar perusahaan mereka.

Setelah itu, entrepreneur harus bisa menganalisis dampak dari operasional dan kebijakan perusahaan dan meminimalisir dampak negative setiap kebijakan dan operasional. Inilah yang harus menjadi perhatian setiap entrepreneur, jangan sampai mengganggu masyarakat karena mereka itu akan menuntut setiap entrepreneur sehingga nantinya akan mengganggu proses bisnis  yang dijalankan oleh setiap entrepreneur. Lihat saja apa yang terjadi di reklamasi teluk Jakarta sehingga proses bisnis yang sudah direncanakan akan terganggu.   

Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur itu harus menjaga kelestarian alam bila bisnis mereka berhubungan dengan lingkungan alam. Hal ini tidak hanya harus relevan dengan proses bisnis akan tetapi juga dampak dari kegiatan mereka seperti membuang sampah ke sungai. Tentu hal ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur agar mereka tidak merusak alam dan bahkan berkontribusi kepada aktivitas menjaga kelestarian alam.


Inilah bentuk aktivitas bagaimana entrepreneur menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen dengan memberikan manfaat bagi masyarakat yang ada di sekitar perusahaan dan aktivitas bisnsi perusahaan serta menjaga kelestarian lingkungan alam sehingga bisnis entrepreneur itu bisa sustainable serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Bagaimana dengan anda? Siap memberikan manfaat kepada orang lain dan menjaga kelestarian alam? Hmmm ….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: