Dalam satu bab pelajaran yang diberikan kepada wirausaha, tema koperasi merupakan tema yang berhubungan dengan bagaimana seorang entrepreneur harus mendapatkan keuangan sehingga koperasi harus dipahami dengan baik. Koperasi tentu sudah menjadi salah satu bentuk badan hukum yang dapat digunakan oleh para entreperneur dalam menumbuhkembangkan bisnis mereka.

Koperasi bisa menjadi sumber keuangan selain tentu juga mengembangkan kualitas entrepreneurship serta mengembangkan pasar yang dimiliki oleh setiap entrepreneur. pasar iini bisa dikembangkan bersama dan akan meningkatkan value untuk bersama juga. Setiap orang memiliki potensi yang kalau didalami akan bisa ditingkatkan dan dikembangkan dalam bisnis tersebut. Inilah yang seringkali tidak terlihat dari setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka.


Potensi koperasi untuk menjadi penggerak atau driver dari kegiatna entrepreneur memang sudah terbukti. Lihat saja koperasi simpan pinjam yang mampu menggerakkan ekonomi anggotanya karena mampu memberdayakan anggota dengan dana yang mereka miliki. Kegiatna simpan pinjam menjadi salah satu bentuk kontribusi koperasi kepada para anggota yang memang membutuhkan dana untuk pengembangan bisnis.

Oleh karena itu, perlu menjadi perhatian para pembina anak-anak yang inign membuat entrepreneur sukses. Kesuksesan entrepreneur itu sangat didukung oleh lembaga dan salah satunya koperasi ini. Pembelajaran koperasi tidak hanya bersifat teori kepada mereka, akan tetapi bisa langsung melibatkan mereka dalam wadah koperasi, Mereka menjadi pengurus dan anggota koperasi dan menjadi bagian dari koperasi tersebut.

Inilah yang perlu dilakukan untuk mengajarkan koperasi kepada para mahasiswa agar benar-benar mereka terlibat langsung dengan koperasi dan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pengetahuan, keterampilan dansikap yang benar dalam berbisnis dan salah satunya melalui koperasi.






Share To:

meriza hendri

Post A Comment: