Business Today

Penurunan harga BBM yang sudah diumumkan oleh pemerintah dan mulai berlaku hari ini, menjadi hal  yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dan entrepreneur pada khususnya. Tentu akan banyak dampaknya kepada masyarakat dan entrepreneur dalam menjalankan bisnis sehari-hari. Proses bisnis yang diharapkan mampu diefisiensikan sehingga harga produk pun bisa diturunkan.

Salah satu bagian  yang penting adalah bagaimana menteri Perhubungan meminta ongkos transportasi bisa turun. Karena yang akan sangat terlihat adalah bagaimana dampak dari penurunan BBM pada penurunan biaya transportasi yang pastinya sangat dibutuhkan oleh banyak orang sehingga bukan sesuatu yang asing lagi. Banyak sekali aspek yang berhubungan dengan transportasi.



Sebagai seorang entrepreneur, pelajaran yang sangat berharga bagi entrepreneur adalah bagaimana entrepeneur harus memperhatikan kebijakan pemerintah dalam setiap aspek turunan dari penurunan harga BBM. Hal ini dapat dilihat pada bagaimana kebijakan dari mentri, gubernur sampai dengan walikota atau bupati yang memang menjadi pelaksana dari kebijakan pemerintah pusat. Hal ini saling berhubungan dari aspek yang paling tinggi sampai dengan paling rendah.

Ketegasan pemerintah sangat diperlukan dalam hal kebijakan penurunan BBM. Seringkali ditemui bahwa banyak aspek yang tidak sesuai antara kebijakan di tingkat pusat sampai pada level kota dan kabupaten. Ini berhubungan dengan otonomo daerah yang sudah berlaku di negara ini karena semuanya ada peraturan yang mengikat.

Disinilah bentuk nyata dari seorang entrepreneur yang harus berfikir strategik dimana entrepreneur harus bisa mendesain kerangka berfikir dari pemerintah pusat sampai dengan pemerintah di level daerah. Perhatikan kebijakan yang dibuat. Lalu, yang tidak kalah penting adalah seberapa tegas kebijakan untuk menjalankan penurunan dari harga BBM tersebut. Ketegasan akan menentukan bagaimana sejatinya implementasi dari penurunan dari BBM pada masing-masing bidang  yang dibawahi oleh setiap menteri.

Bagi pemerintah sendiri, tentu diharapkan benar-benar adanya ketegasan dalam implementasi kebijakan karena sejatinya yang memegang kekuasaaan tersebut adalah pemerintah. Adanya punishment yang jelas dan tegas bagi setiap pihak yang tidak menjalankan kebijakan yang salah satunya adalah biaya angkutan umum yang sangat berhubungan dengan hajat hidup orang banyak. Masyarakat Indonesia sangat menunggu manfaat penurunan BBM dan kebijakan pemerintah memiliki peran yang sangat strategis.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu fokus memperhatikan kebijakan dari pusat sampai ke daerah yang relevan dengan implementasi kebijakan penurunan BBM. Bagaimana dengan anda? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: