Salah satu aspek penting yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana mereka bisa membuat keputusan dan mencari sebuah solusi atas masalah yang dihadapi dalam bisnis, baik masalah diri sendiri, keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia serta teknologi informasi yang akan menentukan kualitas bisnis dalam konteks TP = TR – TC yaitu total profit dihasilkan dari total revenue dikurangi oleh total cost.


Seringkali entrepreneur terjebak dengan sebuah permasalahan dan kurang fokus untuk mencari sebuah solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Hal ini tentu tidak baik karena akan mempengaruhi pencapaian tujuan bisnis dalam konteks profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang selalu tumbuh dah berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini akan mempengaruhi bisnis para entrepreneur.

Fokus sejatinya seorang entrepreneur adalah bagaimana mereka menyadari bahwa bisnis itu penuh dengan masalah karena bisnis berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Hal ini akan berdampak kepada bagaimana entrepreneur harus bisa mencari sebuah solusi bagi permasalahan bisnis. hal ini tidak akan bisa dilepaskan dari akar masalah yang menjadi penyebab terjadinya masalah tersebut.

Oleh karena itu, sebagai seorang entrepreneur, fokuslah pada mencari sebuah solusi atas masalah yang dihadapi perusahaan. kedua, entrepreneur harus mulai dari fenomena dan akar masalah yang terjadi. Ketika, entrepreneur harus sigap dan cepat serta fleksibel menyelesaikan masalah. Kecepatan dan fleksibilitas menentukan kualitas penyelesaian masalah yang dilakukan oleh entrepreneur.

Keempat, harus mempersiapkan resources untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini penting dan berhubugan dengan uang, SOP, orang, fasilitas berupa peralatan. Kelima, memperhitungkan dampaknya yang bisa saja dampak positif dan dampak negative..

Keenam, melakukan evaluasi dan terakhir fokus pada perbaikan secara terus menerus. Evaluasi secara setiap penyelesaian masalah yang dibuat dengan membandingkan hasil yang dicapai dengan tujuan yang hendak dicapai dengan solusi tersebut. Konsep Plan, Do, Check, Action atau PDCA adalah konsep dasar yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur dalam melakukan perbaikan terus menerus.

Inilah fondasi bagi setiap keputusan yang dibuat oleh entrepreneur yaitu bagaimana mereka mencarikan sebuah solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, khususnya permasalahan yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia serta teknologi informasi.

STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: