Berbisnis event organizer adalah bisnis yang sangat unik dan melibatkan banyak pihak serta banyak orang untuk menyukseskan sebuah kegiatan. Hal ini menjadi sebuah hal yang harus dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur. Tidak bisa entrepreneur melepaskan pemahaman ini. Konsekuensi dari kondisi ini adalah bagaimana entrepeneur memiliki banyak pemimpin dalam konteks bisnis yang dijalankan dalam sebuah event.

Disinilah konsep followership yang harus dipahami dengan baik. Banyak sekali pemimpin  yang harus dilayani oleh setiap entrepreneur. kenapa demikian? Lihat saja bagaimana sebuah event yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga dimana ada beberapa orang yang memiliki wewenang untuk membuat keputusan dalam event tersebut. Pahamilah dengan baik setiap orang dalam organisasi atau konsumen.


Ingat, entrepreneur dalam posisi ini adalah seorang follower bagi konsumennya. Follower yang memang harus merubah posisi mereka dalam konteks bisnis. pemahaman yang baik tentang posisi ini adalah modal yang baik bagi setiap entrepeneur. Ini akan bertentangan dengan fakta dimana mereka sendiri sejatinya adalah seorang pemimpin di perusahaanya, akan tetapi, menjagi follower bagi konsumen yang harus dilayani dengan baik.

Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur memahami need, want dan demand dari pemimpinnya. Ini menjadi dasar untuk setiap keputusan dan tindakan yang harus dilakukan untuk melayani pemimpin tersebut. Seringkali kegagalan seorang follower adalah karena mereka tidak memahami dengan baik need, want dan demand setiap pemimpinnya. Mereka tidak bekerja dengan cerdas sehingga seolah-olah bekerja kerjas yang terkesan asal dalam menjalankan peran sebagai seorang follower.

Yang tidak kalah penting bagi follower adalah selalu memberikan yang terbaik dari setiap aktivitas yang menjadi tugas dan melekat pada diri mereka. Hal ini penting karena akan menentukan bagaimana entrepreneur sebagai follower menjadi orang yang bisa memberikan kepuasan kepada leader. Kepuasan yang nantinya mereka bisa loyal kepada follower tersebut. Loyalitas ini dimaknai dalam konteks positif dimana mereka akan terus meminta bantuan kepada entrepreneur.

Inilah yang paling penting bagi setiap entrepreneur dalam memainkan peran sebagai seorang entrepreneur dalam konteks follower. Bisnis event organizer memilili leader yang banyak tetapi jelas fokuslah menjadi seorang follower sampai dengan membuat mereka puas dan loyal. Ini berhubungan dengan peran mereka yang sangat strategik. Oleh karena itu, jadilah seorang entrepreneur dan menjalankan peran sebagai follower yang efektif dan efisien.


STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: