Sebagai seorang entrepreneur, tantangan yang paling berat adalah bagaimana membuat sebuah tim kerja yang siap untuk bekerja secara optimal untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Tim menjadi kunci sukses ketika bisnis semakin tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang. Tidak bisa entrepreneur bisa mencapai kesuksesan ketika mereka masih bekerja sendiri.

Oleh karena itu, entrepreneur harus bisa menjadi pelayan bagi tim yang sudah dibangun. Memang hal ini harus bisa dipahami bahwa sejatinya keberhasilan seorang entrepreneur sangat tergantung kepada bagaimana tim yang dibangun bisa memberikan kontribusi secara optimal dalam konteks efektif dan efisien. Hal ini adalah sebuah konsep dasar yang harus benar-benar ada di benak setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.


Aktivitas utama yang harus dijalankan oleh entrepreneur adalah bagaimana mereka memberikan layanan secara excellence kepada anggota tim. Menjadi seorang pelayan bagi tim menjadi kunci sukess tim bekerja secara optimal untuk mencapai tujuan bisnis. konsep layanan ini memiliki standar bagaimana entrepreneur bisa memberikan tampilan yang menarik kepada anggota tim. Jangan berpenampilan asal-asalan di depan anggota tim.

Kemudian, berikan empati kepada para anggota tim. Empati adalah bagaimana merasakan apa yang mereka rasakan dalam bekerja. Jangan sampai terjebak dengan hanya memikirkan diri sendiri. Demikian juga dengan memberikan respon kepada mereka. Respon  yang diharapkan dan dibutuhkan oleh setiap anggota tim adalah bagaimana respon yang cepat. Tindakan ini penting untuk diperhatikan karena akan bisa membuat entrepreneur cepat dalam memutuskan segala hal yang berhubungan dengan bisnis.

Demikian juga keseusaian antara janji dan yang diberikan oleh entrepreneur kepada tim. Ini disebut dengan reliability. Jangan sampai ada kebohongan entrepreneur kepada anggota tim karena akan bedampak kepada persepsi dan kepercayaan mereka untuk setiap entrepreneur. disinilah perlunya integritas seorang entrepreneur, sesuai antara ucapan dengan tindakan.

Yang terakhir adalah bagaimana entrepreneur harus menjadi seorang pembelajar dimana mereka terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta sikap dalam bekerja sehingga menjadi assurance atau penjamin bagi anggota tim dalam melihat entrepreneur dalam memimpin tim untuk mencapai tujuan perusahaan. oleh karena itu, entrepreneur harus benar-benar memberikan layanan kepada anggota tim dalam bekerja dalam konteks TERRA yaitu tangible, empathy, responsiveness, reliability dan ASSURANCE.


STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: