Hal yang sangat penting bagi entrepreneur dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana mereka bisa mengelola keuangan perusahaan yang terlihat pada uang cash yang bisa dimiliki oleh setiap entrepreneur dalam setiap transaksi bisnisnya. Seringkali entrepreneur mengabaikan manajemen kas yang ada dalam perusahaan sehingga berdampak kepada perjalanan bisnis yang dapat dilihat pada bagaimana mereka membayar hutang dan lain-lain.
1.       Membuat anggaran perusahaan
Anggaran perusahaan menjadi awal bagi setiap entrepeneur dalam mengelola kas sehingga akan diketahui biaya yang harus dikeluarkan oleh entrepreneur dan juga rencana penerimaan dalam periode tertentu.
 
2.       Mengelola biaya
Entrepreneur harus bisa mengelola biaya perusahaan atau cost control. Biaya itu tidak boleh melebihi anggaran tanpa alasan yang kuat sehingga harus ada sebuah justifikasi untuk melihat bagaimana entrepreneur bisa mengontrol biaya.
 
3.       Merencanakan pembayaran dari konsumen
Entrepreneur harus benar-benar bisa membuat perencanaan pembayaran dari konsumen agar bisa memenuhi income perusahaan. perencanaan ini harus benar-benar akurat sehingga dapat membantu entrepreneur membuat keputusan yang tepat waktu.
 
4.       Melakukan penagihan
Entrepreneur harus melakukan penagihan kepada konsumen untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Disini diperlukan profesionalisme setiap entrepreneur dalam berbisnis. Jangan sampai telat melakukan penagihan karena dampaknya juga pada pembayaran kepada supplier.
 
5.       Mengelola pembayaran kepada supplier
Supplier adalah pihak yang sudah memberikan jasa atau produknya kepada entrepeneur. Perlu dilakukan analisis untuk waktu pembayaran kepada supplier karena berhubungan dengan bagaimana pengelolaan kas untuk membayarnya. Pembayaran kepada supplier ini penting dalam konteks manajemen kas.
 
6.       Memperhitungkan waktu pembayaran kepada supplier
Waktu pembayaran kepada supplier adalah penting ditetapkan dan dihubungkan dengan bagaimana entrepreneur bisa mendapatkan uang dan lalu dibayarkan kepada supplier. Jangan sampai meleset perhitungan waktu pembayaran kepada supplier.
 
7.       Melakukan perbaikan terus menerus
Dalam konteks ini, entrepreneur harus benar-benar melakukan evaluasi dalam pengelolaan biaya serta perbaikan secara terus menerus. Hal ini relevan dengan konteks manajemen dalam bisnis sehingga banyak hal yang perlu dilakukan entrepreneur untuk kemajuan pengelolaan keuangan perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis setiap entrepreneur dalam berbisnis.
 
Inilah beberapa tips FINANCIAL MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
STRABIZ Management Consulting
 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: