Keterampilan yang harus benar-benar dimiliki oleh setiap entrepreneur dalam membangun bisnis yang profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang adalah bagaimana menjadi seorang ahli strategi bisnis. TIdak bisa ditawar lagi kalau bicara tentang bagaimana menjadi seorang ahli strategi karena sudah menjadi tuntutan kalau mau sukses di bisnis tersebut. Konteks profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang adalah tujuan dari seorang entrepreneur dalam konteks bisnis mereka. Oleh karena itu, beberapa tips yang harus dijalankan entrepreneur adalah


  1. Analisis lingkungan diri sendiri
Inilah yang membedakan antara seorang entrepreneur dengan manajemen dimana mereka sangat dipengaruhi oleh lingkungan diri sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa diri mereka akan mempengaruhi perjalanan bisnis setiap entrepreneur. dalam konteks ini, ditanyakan kembali visi pribadi, motivasi pribadi serta kekuatan dan kelemahan setiap entrepreneur.
  1. Analisis lingkungan eksternal bisnis
Entrepreneur harus benar-benar bisa menganalisis lingkungan eksternal mereka yang terdiri dari lingkungan mikro dan makro. Konteks lingkungan mikro terdiri dari customer, competitor, channel of distribution dan center atau supplier. Sedangkan lingkungan makro terdiri dari politik, ekonomi, sosial dan budaya serta teknologi dan pasar.
  1. Analisis lingkungan internal bisnis
Entreprenur harus benar-benar melihat kekuatan dalam aspek keuangan, pemasaran, proses bisnis sampai dengan sumber daya manusia serta teknologi informasi. Tentu harapannya adalah lingkungan internal ini dapat membangun bisnis dengan baik.
  1. Tetapkan tujuan bisnis
Barulah seorang entrepreneur menetapkan tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Tujuan akan diturunkan ke dalam konteks tujuan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.
  1. Pahami tujuan bisnis
Hal yang tidak kalah penting adalah sejauh mana entrepreneur memahami tujuan bisnis itu sendiri. Dalam hal ini, perlunya kontemplasi terhadap tujuan bisnis yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur itu sendiri. Pemahaman yang baik akan mempermudah menerjemahkan dalam bentuk program, anggaran, SOP dan bahkan orang yang akan menjalankannya.
  1. Sosialisasikan tujuan bisnis kepada karyawan
Tugas yang tidak bisa ditinggalkan adalah bagaimana mengkomunikasikan tujuankepada seluruh karyawan dalam perusahaan. semuanya harus benar-benar paham dengan tujuan tersebut dengan tujuan agar mereka terlibat aktif dalam mencapainya.
  1. Fokus kepada tujuan bisnis
Inilah salah satu kunci seorang entrepreneur dengan menjadi ahli strategi yaitu bagaimana fokus kepada tujuan. Tidak lagi memikirkan yang lain.
Inilah beberapa tips STRATEGIC MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan pengurus koperasi dalam kerangka membangun manajemen sistem koperasi yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our cooperatives
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: