Salah satu aspek yang paling penting dalam menjalankan kegiatan koperasi adalah bagaimana memasarkan produk-produk anggota koperasi. Tugas pengurus koperasi adalah memasarkan produk anggota  yang pastinya menjadi tugas pengurus dan memberikan manfaat bagi seluruh anggota. Ini penting dipahami oleh setiap pengurus koperasi. Oleh karena itu, beberapa hal yang bisa dilakukan oleh entrepreneur adalah

1.       Memahami produk anggota
Setiap pengurus harus bisa memahami produk anggotanya dengan baik. Pahami keunggulan dan kelemahan produk anggota sehingga dipahami posisi produk anggota di pasar. jelas sekali pemahaman yang baik terhadap produk anggota menjadi wajib.


2.       Membuat standar dan prosedur koperasi
Hal selanjutnya yang harus dilakukan oleh pengurus koperasi adalah membuat standar dan prosedur yang ada di koperasi yang berhubungan dengan bagaimana memasarkan produk anggota kepada konsumen. Hal ini menjadi aturan yang akan mengelola hubungan baik dengan konsumen.

3.       Memahami need, want dan demand konsumen
Entrepreneur harus bisa memahami perilaku konsumen dan khususnya yang relevan dengan kebutuhan, keinginan dan permintaan konsumen. Jelas ini penting bagi pengurus koperasi karena inilah yang menjadi target pasar setiap entrepreneur.

4.       Membuat pemasaran secara online
Buatkan pemasaran secara online bagi produk anggota dengan membuat web dan juga social media yang bisa dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan produk anggota kepada target pasar. jelas ini penting bagi setiap entrepreneur.

5.       Membuat pemasaran secara off line
Pengurus juga harus melakukan pemasaran secara off line dengan memasarkan produk kepada konsumen, baik consumer market, business market, non profit market, government market sampai dengan global market.

6.       Berkomunikasi dengan anggota
Terus lakukan komunikasi dengan anggota karena berhubungan dengan bagaimana pemasaran yang akan dilakukan kepada pasar. komunikasi akan membuat saling pengertian antara pengurus koperasi dengan anggota.

7.       Berikan kepada konsumen dan buat mereka puas
Pengurus harus bisa men-delivery produk kepada konsumen dan membuat mereka puas sampai dengan loyal kepada kopeasi yang notabene adalah pihak yang memasarkan produk anggota. Dalam konteks ini, akan tercapai kepuasan anggota dan juga konsumen yang nantinya bisanya menjadi loyal.

Inilah beberapa tips MARKETING MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan pengurus koperasi dalam kerangka membangun manajemen sistem koperasi yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our cooperatives
STRABIZ Management Consulting


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: