Pemasaran adalah jantungnya perusahaan, demikianlah seringkali orang menyatakan bagaimana sentralnya peranan pemasaran bagi perusahaan. boleh-boleh saja setiap orang dalam perusahaan membangun paradigma dibenak mereka tentang peran strategis setiap fungsi yang ada yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Tergantung dari sisi mana mereka melihatnya.

Sejatinya, setiap orang dalam perusahaan akan melihat secara berimbang karena masing-masing fungsi memiliki kontribusi yang sangat strategis buat perusahaan. bicara tentang pemasaran, ada beberapa hal yang perlu dipahami yaitu


1.       Lakukan perubahan paradigma dibenak tentang konsep marketing
Marketing itu adalah sebuah seni dan ilmu dan didalamnya sudah harus dimiliki mindset berupa setiap marketing itu sebaiknya berbasis kepada pasar atau yang lebih dikenal dengan market driven. Dalam hal ini, pasar didorong oleh pasar sehingga setiap produk yang ada, harus berbasis kepada need, want dan demand pasar.

2.       Lakukan segmentasi pasar berdasarkan perilaku
Tidak semua pasar bisa dilayani dengan baik oleh setiap entrepreneur dan oleh karena itu, entrepreneur harus bisa memetakan dan mengelompokkan pasar berdasarkan perilaku atau behavior yang mereka miliki. Hal ini dimulai dari bagaimana mereka menentukan masalah yang dihadapi, mencari alternative solusi, mengevaluasi alternative solusi, memutuskan, menjalankan dan melakukan evaluasi.

3.       Lakukan perubahan paradigma produk
Entrepreneur harus melakukan perubahan paradigma mereka melihat sebuah produk. Dasarnya adalah terjadi perubahan pasar yang begitu cepat dan pastinya berdampak kepada entrepreneur itu sendiri.

a.       Produk itu adalah sebuah solusi
Produk adalah sebuah solusi yang harus diberikan oleh entrepreneur kepada pasar karena mereka menghadapi masalah yang harus diselesaikan.

b.       Kemudian, produk itu adalah service
Seiring dengan pesaing menawarkan hal yang sama kepada entrepreneur, maka produk itu harus dirubah menjadi jasa atau service. Istilahnya, apapun produk anda, itu harus dianggap sebagai sebuah service atau jasa.

c.       Terakhir, produk itu adalah trust
Persaingan terus berlanjut dan pada akhirnya, produk harus dianggap sebagai sebuah trust atau kepercayaan yang harus terus dijaga dibenak konsumen. Dengan trust inilah bisnis akan bisa bertahan lama ditengah tingginya tingkat persaingan bisnis.


Inilah beberapa tips MARKETING MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan pengurus koperasi dalam kerangka membangun manajemen sistem koperasi yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our cooperatives
STRABIZ Management Consulting



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: