Tanggungjawab yang melekat pada diri setiap entrepreneur adalah bagaimana mereka bisa membuat sebuah bisnis yang dapat berjalan secara mandiri dan tidak perlu ditungguin. Artinya, bagaimana membuat sebuah bisnis dengan dukungan karyawan yang bisa berjalan dengan basis sistem. Ada input, proses, ouput, outcome sampai dengan impact yang sesuai dengan harapan dan tujuan yang ditetapkan oleh manajemen yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.


1.       Mulai dari List To Do
Untuk membuat proses bisnis sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik dan bahkan berjalan sesuai dengan standar bisnis yang ada, entrepeneur bisa memulai dari membuat list to do atau daftar apa yang harus dilakukan oleh setiap entrepeneur. Ini penting karena menjadi dasar bagi karyawan untuk bekerja.
2.       Adanya kejelasan list to do
Kejelasan diartikan dalam bentuk bagaimana entrepreneur bisa membuat list to do yang spesifik dan terukur sehingga karyawan dengan mudah memahami apa yang ditulis oleh entrepreneur dalam berbisnis.
3.       Adanya batasan waktu
Dimensi waktu menjadi penting karena berhubungan dengan batasan waktu yang melekat pada setiap aktivitas yang dijalankan oleh karyawan. batasan waktu akan membuat karyawan berfikir untuk efisien dalam memanfaatkan waktu sebagai sebuah resources yang terbatas.
4.       Adanya dukungan keuangan
Entrepeneur harus mendukung karyawan dalam bentuk keuangan karena mereka harus membeli produk, baik jasa ataupun barang dalam menyukseskan pekerjaan. Keuangan ini penting dan bahkan menjadi salah satu key success factor bagi karyawan.
5.       Adanya dukungan fasilitas
Fasilitas juga harus disesuaikan dengan list to do yang disampaikan kepada karyawan. fasilitas pendukung ini akan menentukan kualitas kerja yang dilakukan oleh karyawan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan.
6.       Adanya dukungan entrepeneur
Ini yang juga penting adalah bagaimana karyawan mendapatkan dukungan leadership, decision making and problem solving, communication, motivation. Hal ini bersifat soft skill tetapi, sangat penting bagi karyawan.
7.       Evaluasi dan lakukan perbaikan
Tugas entrepreneur adalah bagaimana melakukan evaluasi atas apa yang dikerjakan oleh karyawan berdasarkan list to do dan selanjutnya melakukan perbaikan atas list to do tersebut.
Inilah beberapa tips OPERATION MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: