Setiap entrepreneur harus memahami proses yang ada dalam setiap komunikasi yang mereka lakukan dengan konsumen. Hal ini penting karena akan sangat mempengaruhi efektifitas dan efisiensi dari setiap kegiatan komunikasi itu sendiri
 
Proses yang ada dalam setiap proses komunikasi tersebut terdiri dari Sender, Message, Media, Receiver dan Respon/feedback. Itulah proses yang ada dalam setiap komunikasi yang dilakukan oleh para entrepreneur untuk sukses.
 
Satu hal yang paling penting bagi entrepreneur sehubungan dengan proses komunikasi ini adalah setiap entrepreneur harus menyadari bahwa setiap komunikasi yang dilakukan tersebut harus bisa mencapai tujuannya yaitu Attention, interest, desire, action.
 
Artinya adalah bagaimana komunikasi itu bisa mencapai attention yaitu konsumen tersebut bisa mengetahui dan menyadari keberadaan produk para entrepreneur. Pengetahuan ini adalah tahap pertama yang memang harus ada di benak setiap konsumen dimana dengan pengetahuan tersebut akan mengarahkan konsumen untuk masuk ke tahap selanjutnya.
 
Tujuan kedua adalah bagaimana produk tersebut bisa membuat konsumen tertarik. Ketertarikan ini penting karena produk yang harus diketahui, tetapi belum bisa membuat konsumen tertarik, menjadi sia-sia. Belum mengarah kepada transaksi yang diharapkan entrepreneur tentunya.
 
Konsumen yang tertarik akan masuk ke tahap desire dimana mereka akan memiliki minat atau berhasrat untuk membelinya. Yang terakhir adalah bagiamana konsumen mau membeli atau melakukan action terhadap produk tersebut. Pembelian atas produk akan menjadi indikator apakah komunikasi tersebut berhasil atau tidak.
 
Inilah yang harus diperhatikan oleh para entrepeneur ketika melakukan komunikasi dengan konsumen. Jangan hanya terjebak dengan berbagai aktivitas yang dilakukan dalam komunikasi karena yang paling penting adalah bagaimana respon yang diberikan oleh konsumen tersebut kepada entrepreneur. Respon yang diberikan itu bermacam-macam.
 
Namun demikian, yang paling penting jelas bagaimana setiap entrepreneuer bisa menjadikan AIDA di atas sebagai standar yang harus dijadikan untuk melihat sejauh mana respon terhadap pencapaian tujuan tersebut.
 
Untuk mengevaluasi respon, jelas diawal entrepreneur harus memastikan tujuan dari setiap komunikasi. Bila hanya sampai Attention, sejauh attention yang diberikan oleh para konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Apakah sama dengan yang diharapkan atau tidak. Bila sama, berarti respon yang diberikan sudah benar, sebaliknya, bila belum, artinya, belum tercapai.
 
Begitu juga dengan respon lainnya yaitu interest, desire dan juga action. Oleh karena itu, dari awal seorang entrepreneur harus jelas menetapkan tujuan dari komunikasi tersebut agar bisa mengevaluasi respon yang diberikan oleh para konsumen. 
 
STRABIZ Management Bandung
 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: