Konsep leadership bagi setiap wirausaha adalah penting untuk membangun bisnis  yang semakin kuat dan tumbuh serta berkembang. Kenapa demikian? Karena leadership ini sangat berhubungan dengan bagaimana wirausaha mampu mempengaruhi setiap orang dalam perusahaan dan semuanya harus tetap terarah dan berjalan dengan baik sesuai dengan yang sudah direncanakan. Setiap entrepreneur dihadapkan pada bagaimana mereka harus mencapai tujuan secara efetif dan efisien dan itu sejatinya melalui orang lain yang bekerjasama dengan mereka untuk mencapai tujuan tersebut.

Apalagi kalau dibicarakan tentang sesuatu yang berhubungan dengan budaya perusahaan dimana setiap wirausaha diharapkan mampu membuat bisnis mereka semakin besar. Budaya perusahaan menjadi perekbat bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis serta mengembangkannya. Yang diharapkan bisa merekatkan seluruh bagian dalam perusahaan menjadi kuat adalah budaya perusahaan. Setiap bagian yang terdiri dari keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia harus bersatu dalam konteks budaya perusahaan.
Tidak bisa dipungkiri bahwa  yang terjadi saat ini kelemahan yang dialami oleh banyak wirausaha berhubungan dengan budaya perusahaan yang belum kuat. Mereka seringkali tidak mengetahuan dan tidak memahami dengan baik konsep budaya perusahaan. Budaya perusahaan yang sejatinya berhubungan dengan value, belief, habit, bahasa dan komunikasi yang terjadi diantara seluruh orang yang ada dalam perusahaan milik para entrepreneur. sekali lagi, tidak mungkin entrepreneur itu bekerja sendiri dan pasti membutuhkan orang lain untuk bekerja.  
Untuk menjalankan budaya perusahaan, diperlukan leadership dari setiap wirausaha. Leadership yang kuat ini akan semakin mampu berkontribusi pada penciptaan perusahaan yang kuat dan besar juga. Tidak bisa dipungkiri leadership itu kunci suksesnya karena dengan pengaruh yang dihasilkan oleh leadership, akan mampu membangun tim yang dapat bekerja secara optimal serta efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.
Oleh karena itu, sudah waktunya wirausaha untuk mulai berfikir dengan lebih baik bagaimana mereka harus mengembangkan leadership yang akan berkontribusi juga pada peningkatkan buday aperusahaan yang akan merekatkan bisnis mereka menjadi jauh lebih baik. Jangan terjebak dengan apa yang terjadi selama ini.
Leadership akan menentukan keberhasilan perusahaan membangun budaya perusahaan tersebut. Tingkatkan knowledge, skill dan attitude yang berhubungan dengan bisnis dan budaya perusahaan serta leadership yang menjadi factor pengelolaan perusahaan dengan basis buday aperusahaan tersebut.  
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: