Salah satu hal yang mendasar bagi setiap bawahan dalam menjalankan peran sebagai seorang bawahan dalam konteks leadership dan followership adalah bagaimana mereka mampu berfikir selalu tentang maunya atasan. Kenapa demikian? Bagaimana mereka menyadari bahwa para bawahan memiliki atasan sebagai konsumen yang harus dipuaskan oleh para bawahan dalam bekerja untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Filosofi memberikan layanan kepada konsumen itu akan memberikan value yang sangat luar biasa dalam mindset para bawahan. Atasan itu adalah konsumen para bawahan dalam perusahaan yang pastinya akan memberikan feed back kepada setiap bawahan. Akan tetapi, yang diberikan oleh atasan kepada bawahan bukanlah selalu dalam bentuk profit, akan tetapi, juga berhubungan dengan benefit yang didapatkan.


Tujuan yang harus dicapai oleh bawahan adalah bagaimana membuat atasan puas dengan bawahan dan nantinya mereka diiharapkan juga menjadi loyal kepada bawahan dalam artian bahwa para bawahan adalah orang yang tidak akan dilepaskan oleh para atasan. Bahkan kemanapun mereka pergi, yang akan selalu dibawa adalah para bawahan tersebut. Lihat saja apa yang terjadi ketika ada sebuah perusahaan  yang dimana ketika ada pimpinan yang pindah kerja, beberapa karyawan yang notabene bawahannya ikut dengan pimpinan tersebut dan bahkan ada yang disebut dengan bedol desa.

Hal lainnya adalah bagaimana setiap bawahan memahami need, want dan demand dari atasan. Dalam konteks ini, bawahan harus benar-benar mempelajari secara mendalam apa yang diingingkan oleh atasan tersebut. Hal ini bermulai dari bagaimana pengenalan setiap diri atasan oleh para bawahan. Jangan sampai malu bertanya kepada atasan itu sendiri tentang apa yang mereka harapkan kepada para bawahan. Demikian juga bisa menanyakan kepada orang-orang sekitar atasan yang tentunya sedikit banyak tahu tentang diri para atasan tersebut.

Yang terakhir, tentu yang perlu dipahami dan dilakukan oleh bawahan yaitu melakukan tugas secara optimal. Do the best dalam artian melakukan yang terbaik dalam bisnis. ini penting dilakukan dan sifatnya adalah strategik. Bahkan hal ini menjadi konsep hidup yang harus dilakukan oleh setiap bawahan. Jangan terjebak dengan pekerjaan yang seadanya. Yang tidak kalah penting adalah bagaimana seorang bawahan bertanggungjawab atas apa  yang ditugaskan oleh atasan dalam pekerjaan. Atasan butuh tanggungjawab yang sangat tinggi selain loyal, disiplin dan juga jujur dalam bekerja. Hayo.. jadi bawahan yang sukses dan itui juga peran yang harus dilakukan oleh para entrepreneur.

STRABIZ Management Consulting 


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: