Menjadi seorang followership dalam konteks leadership menjadi kunci sukses bagi setiap entrepreneur di tengah tingkat perubahan lingkungan yang begitu cepat, tidak bisa dikontrol dan bahkan mengalami turbulensi. Seorang entrepeneur harus menyadari posisi mereka ketika menjadi seorang follower atau bawahan di dalam sebuah konsep manajemen yang diperlukan oleh entrepreneur untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Menjadi seorang follower membutuhkan sebuah pemahaman yang mendalam dan hal ini berawal dari bagaimana setiap entrepreneur itu mampu mengendalikan diri masing-masing. self control merupakan bentuk dari sebuah keterampilan setiap entrepreneur karena ketika mampu mengendalikan diri, akan bisa membuat setiap keputusan bisnis yang sangat menguntungkan bagi bisnis karena pada hakekatnya, setiap entrepreneur harus berfikir dalam konteks TP = TR – TC yaitu total profit yang dihasilkan dari total revenue yang dikurangi oleh total cost.
Hal ini akan sangat terasa dalam membangun bisnis kuliner dimana setiap entrepreneur membangun bisnis yang relevan dengan proses yang tidak mudah dalam bisnis kuliner. Bisnis ini menuntut setiap entrepreneur bisa mengendalikan diri karena berhubungan dengan supplier dari bahan baku yang tidak mudah untuk dikelola. Pada waktu itu, entrepreneur harus menyadari bahwa mereka adalah follower bagi supplier.
Demikian juga dengan konsumen yang membeli produk dari para entrepreneur. mereka berposisi sebagai atasan dari setiap entrepreneur karena akan menentukan bagaimana konsumen membeli produk tersebut. Perlu diingat bahwa konsumen itu memiliki need, want dan demand  yang pastinya akan berbeda satu sama lain dan ini benar-benar harus dipahami oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis.
Semakin jelas terasa bagaimana sejatinya setiap entrepreneur itu pada hakekatnya adalah menjadi seorang yang berposisi sebagai follower dan dituntut untuk bisa mengendalikan diri masing-masing. jangan pernah menempatkan ego lebih tinggi karena itu akan menjadi sebuah halangan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Para entrepreneur harus bisa menempatkan diri mereka untuk tidak melakukan hal ini.
Oleh karena itu, kendalikan diri secara optimal agar setiap hal yang terjadi dalam proses followership dalam aktivitas bisnis bisa memberikan manfaat bagi para entrepeneur dalam mencapai tujuan bisnis yang sudah ditetapkan tersebut secara efektif dan efisien. sudah menjadi tanggungjawab para entrepreneur untuk mencapai sukses dengan mengendalikan diri.
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: