Business Today

Mulai hari ini, Kamis 5  Mei 2016, Long weekend atau libur panjang di Indonesia dan pastinya akan membuat gerak bisnis dibidang pariwisata semakin menggeliat. Lihat saja bagaimana informasi yang disampaikan melalui media massa. Liburan menjadi aktivitas utama rakyat ketika mereka mendapatkan kesempatan dengan long weekend dan pastinya akan meningkatkan kontribusi pada bisnis yang berhubungan dengan pariwisata.
Akan tetapi, tentu hal ini tidak terlalu dirasakan oleh pebisnis lain dimana mereka meliburkan karyawan dalam bekerja. Liburan yang pastinya juga membuat proses bisnis yang terhenti dimana aktivitas tidak dilakukan selama liburan panjang ini. hal ini menjadi sebuah fakta yang tidak terelakkan dimana bisnis benar-benar menghadapi dua hal yang berbeda.
Sebagai seorang entrepreneur, tentu fakta ini harus dilihat secara jernih sehingga tetap memberikan value kepada bisnis yang dijalankan. Ingat, menjadi seorang entrepreneur, harus benar-benar mampu melihat segala sesuatu dari kaca mata yang berbeda dan pastinya ada sebuah peluang bisnis di dalamnya. Inilah yang harus dilihat dan dilakukan oleh setiap entrepreneur, melihat lingkungan bisnis dengan basis peluang yang relevan dengan bisnis 
mereka.

Untuk bisnis yang berhubungan dengan pariwisata, tentu tidaklah aneh ketika bicara tentang liburan. Waktu long weekend adalah moment untuk meningkatkan kualitas dan skala bisnis dengan transaksi bisnis yang akan didapat. Sejatinya seorang entrepreneur harus benar-benar mempersiapkan diri untuk menghadapi liburan panjang dengan persiapan yang matang dan melihat momentum apa yang menjadi libur tersebut.

Adapun bagi entrepreneur yang bergerak di bidang yang tidak relevan dengan bisnis pariwisata, pelajaran yang sangat berharga adalah pertama, bagaimana wirausaha menyadari bahwa liburan itu menjadi hal yang tidak bisa ditolak. Sebuah kondisi yang "given" yang harus ditaati. Sekarang, bagaimana wirausaha atau entrepreneur fokus pada bagaimana setiap karyawan diberi kesempatan untuk melakukan istirahat dan liburan sebagai bagian dari aktivitas refreshing bagi karyawan.

Hal ini penting bagi entrepreneur yang memang dituntut untuk bisa melakukan peningkatan kreativitas dan inovasi yang dibutuhkan dalam bekerja. Liburan menjadi sebuah kebutuhan yang juga harus dipenuhi oleh setiap karyawan. inilah hakekat karyawan yang harus menjadi human capital atau asset dalam perusahaan dimana ide, kreativitas, inovasi, kompetensi, pengalaman sampai dengan komitmen menjadi asset dari setiap karyawan dalam bekerja untuk peningkatan produktivitas dan kinerja perusahaan. so, dukung karyawan melakukan libuaran dan beristirahat sehingga dapat bekerja optimal. Bagaimana dengan anda? hmmmm
 
 
 
 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: