BUSINESS TODAY

Musyawarah Luar biasa Partai Golkar di Bali memang menjadi perhatian banyak orang dalam melihat bagaimana pengelolaan sebuah organisasi besar yang sangat mempengaruhi masyarakat, khususnya rakyat Indonesia yang sangat concern dengan partai politik yang ada di Indonesia. Hal ini menjadi sebuah fakta yang tidak bisa dipungkiri ketika banyak partai di negara ini memperebutkan kekuasaan dalam mengelola negara.
Sejatinya sebuah organisasi sebesar Partai Golkar merupakan organisasi yang memiliki sumber daya yang luar biasa, memiliki kemampuan atau kapabilitas dalam mengelola partai sehingga tidak mudah mengalami kondisi yang selama ini berupa selisih paham antara pengurus dan saling berebut kekuasaan untuk kepentingan diri dan kelompok. Disinilah pentingnya bagi pengurus untuk mengelola organisasi agar bisa mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.


Sebagai seorang entrepreneur, ada satu pelajaran yang sangat penting dan harus diambil oleh para entrepeneur yaitu bagaimana membangun sebuah organizational capability atau kapabilitas organisasi yang akan menggerakkan roda perusahaan. hal ini sangat relevan dan berhubungan dengan bagaimana mereka fokus dalam mengembangkan sebuah bisnis yaitu resources, capability, distinctive capability sampai dengan competency.
Hal ini harus menjadi perhatian utama setiap entrepreneur dalam berbisnis dulu tentang bagaimana meningkatkan kapabilitas organisasi bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepreneur yaitu dari aspek manajemen strategik, manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan manajemen operasi sampai dengan manajemen sumber daya manusia. Bahkan sampai juga tentang bagaimana  kapabilitas dalam mengelola teknologi informasi yang relevan dengan para entrepreneur dalam bisnsi mereka. Tidak bisa dilepaskan dari pengelolaan teknologi informasi bila entrepreneur ingin sukses berbisnis dan mencapai sustainable competitive advantage
Oleh karena itu, sudah waktunya para entrepreneur memperhatikan kapabilitas organisasi bisnis yang mereka jalankan, dalam konteks bagaimana mengelola bisnis yang profitable, memberikan manfaat bagi banyak orang, menjaga kelestarian lingkungan alam, berkelanjutan sampai dengan bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
Mulailah meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan keuangan, program pemasaran, proses bisnis yang efektif dan efisien sampai dengan pengelolaan sumber daya manusia yang optimal sehingga produktivitas setiap karyawan bisa tercapai. Akhirnya, bagaimana meningkatkan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dalam bisnis sehingga daya saing bisnis dapat tercapai. Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis itu sangat ditentukan oleh daya saing yang berkelanjutan dalam menghadapi persaingan bisnis saat ini. Bagaimana dengan anda? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: