BUSINESS TODAY

Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dalam hal ini Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil menjalankan program pendampingan kepada pelaku UMKM  yang sudah mendapatkan pelatihan yang berhubungan dengan kebutuhan para UMKM di seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat. Program ini merupakan program nasional yang dijalankan oleh Dinas KUMKM Provinsi Jawa Barat dan diwakili oleh Balai Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM provinsi Jawa Barat.

Ada delapan puluh pendamping yang dilatih oleh Dinas KUMKM untuk mendampingi para pelaku usaha yang pastinya sangat berharap untuk mendapatkan pendampingan dari para entrepreneur yang sudah memiliki bisnis juga.

Sebagai seorang entrepreneur, jelas hal ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan organizational capability atau kapabilitas organisasi dari bisnis yang dijalankannya. Apa saja yang harus ditingkatkan? Ada hard skill dan soft skill yang sanga relevan dengan bisnis yang dijalankan untuk mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil,  menengah dan besar.

Hard skill yang harus dikembangkan oleh setiap entrepreneur adalah bagaimana mengembangkan managerial skill, financial management, marketing management, operational management sampai dengan human resources management sampai dengan teknologi informasi yang harus digunakan dalam setiap aktivitas bisnis dalam konteks bagaimana mengintegrasikan setiap aktivitas bisnis diatas. Hal ini menjadi penting bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis dan pendampingan atas skill ini menjadi sangat penting untuk mencapai sukses.

Demikian juga dengan skill yang berhubungan dengan leadership skill, decision making and problem solving skill, communication skill, team building skill, motivational skill yang sangat dibutuhkan oleh para entrepreneur. pendampingan menjadi salah satu kunci sukses setiap entrepreneur.

Akan tetapi, ada variabel lain yang sangat relevan yaitu bagaimana para pendamping juga harus memiliki kompetensi yang tinggi yang berhubungan dengan knowledge, skill, attitude yang harus benar-benar dapat menerjemahkan setiap hal  yang berhubungan dengan bisnis yaitu keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia, teknologi informasi sampai dengan bagaimana mereka bisa berfikir strategik bagi UMKM itu sendiri.

Disinilah tanggungjawab jawab stakeholders yang dalam hal ini adalah pemerintah dan akademisi yang dilibatkan dalam program pendampingan sehingga para pendamping benar-benar bisa menjadi sebuah program untuk menghasilkan entrepreneur di Jawa Barat yang memiliki daya saing tinggi untuk menjadi kahiji di ASEAN. Bagaimana dengan anda? hmmmm

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: