Keunggulan yang dimiliki oleh para karyawan yang memilih untuk menjadi seorang pensiunpreneur adalah bagaimana mereka memiliki asset yang bersifat intangible yaitu pengetahuan dan keterampilan serta sikap terhadap resiko yang melekat pada setiap aktivitas bisnis yang dijalankan nantinya. Semuanya akan menjadi perhatian setiap karyawan dalam berbisnis, memang disalah satu perspektif yaitu nantinya akan membuat setiap orang akan sangat berhati-hati dalam menjalankan bisnis.

Ketika hal ini sudah disadari dan dimiliki oleh para pensiunpreneur, maka aktivitas bisnsi yang dijalankan akan bisa meminimalisir resiko yang melekat didalamnya yaitu resiko dari keuangan, pemasaran, operasi dan bahkan sumber daya manusia dimana mereka akan memiliki konsep dasar bisnis yang terlihat pada konsep bisnis yaitu TP = TR – TC dimana total profit dihasilkan dari total revenue yang dikurangi dengan total cost.


Resiko yang melekat pada setiap aktivitas bisnis itu tidak bisa dihindarkan yang disebabkan oleh perubahan lingkungan bisnis, baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal yang berhubungan dengan bisnis para entrepreneur. menjadi tanggungjawab setiap pensiunpreneur dalam menjalankan aktivitas bisnis dengan baik agar bisa memberikan value yang optimal dalam berbisnis untuk mencapai profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Manajamen resiko menjadi alat yang dapat digunakan agar perusahaan para pensiunpreneur bisa berjalan “on the track” dalam mencapai tujuan yang sudah disampaikan tadi. Dalam hal ini, pelajaran dan pengalaman dalam berbisnis dengan memperkuat standard Operation Procedures (SOP) dalam keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang pastinya diperhitungkan dalam setiap bisnis.

Lalu, yang paling penting adalah mindset atau sikap mental para pensiunpreneur dalam mengelola resiko dimana ada resiko yang ditanggung sendiri ataupun resiko yang diserahkan kepada pihak lain yaitu perusahaan asuransi. Hal ini menjadi penting agar resiko yang akan menimbulkan cost bisa diminimalisir dengan tetap fokus pada pencapaian tujuan perusahaan. inilah yang harus dimiliki oleh para karyawan yang akan menjalankan bisnis dengan pensiunpreneur dan menerapkan manajemen resiko yang pernah didapatkan di perusahaan tempat mereka bekerja. Inilah asset yang bersifat intangible bagi setiap pensiunpreneur.

So, masih takut memilih untuk jadi pensiun preneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan keluar dari perusahaan dan memilih untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: