BUSINESS TODAY

Kondisi lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi sangat terasa oleh para entrepreneur saat ini karena inilah yang terjadi di negara ini. lihat saja bagaimana perubahan kondisi politik dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang seringkali bertentangan dengan kepentingan politik seperti kebijakan yang berhubungan dengan perijinan dalam konteks bisnis. memang ditingkat pusat, adanya perbaikan dari setiap kebijakan sudah dibuat oleh pemerintah pusat dengan tujuan untuk mempercepat perkembangan dan pertumbuhan bisnis.

Selain itu, ada satu lagi kondisi yang tidak bisa diabaikan oleh para entrepreneur yaitu kondisi ekonomi yang juga selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Memang dari konteks nilai tukar rupiah yang sampai pada angka lebih dari tiga belas ribu rupiah, inflasi yang masih tinggi sampai dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang masih direvisi karena belum sesuai dengan target awal yang ditetapkan oleh pemerintah sendiri.



Belum lagi lingkungan ekonomi global yang masih terus berubah dan tidak menentu. Sebagai seorang entrepreneur tentu diharapkan bisa memiliki sebuah kerangka berfikir strategis yang dapat menggiring para entrepreneur nantinya membuat keputusan strategis agar tetap bisa mencapai tujuan bisnis yang profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Hal ini berhubungan dengan konteks jangka panjang.

Sebagai seorang entrepreneur, semakin memperjelas posisinya terhadap linkungan bisnis yang memang tidak bisa dilepaskan dari setiap entrepeneur dalam berbisnis. Lingkungan bisnis menajdi konteks setiap entrepreneur dalam berbisnis dimana seluruh aktivitas bisnis akan sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan bisnis. jangan terjebak dengan kegiatan rutin yang dijalankan oleh para entrepreneur karena itu akan mengaburkan apa yang dilakukan dan tujuan yang hendak dicapai.

Kesadaran akan lingkungan dan sifat perubahan yang selalu terjadi dalam  lingkungan bisnis tersebut adalah fondasi yang harus dimiliki dan dibangun oleh setiap entrepreneur. kemudian, melihat hubungan antara perubahan lingkungan dengan aktivitas bisnis yang dijalankan karena itu akan menentukan sejauh mana mereka bisa fokus pada dampak, baik dampak positif ataupun dampak negative dari perubahan lingkungan.

Setelah itu, barulah entrepreneur fokus dalam membuat keputusan bisnis yang bersifat strategik yang akan berdampak kepada keberhasilan bisnis dalam jangka panjang. Inilah sejatinya yang harus dipahami oleh entrepreneur saat ini dalam melihat lingkungan bisnis yang berubah. Bagaimana dengan anda? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: