BUSINESS TODAY
Salah satu perubahan lingkungan bisnis yang sangat membuat orang fokus menganalisisnya adalah kenaikan harga bahan pokok yang sangat dibutuhkan oleh para masyarakat dimana menjelang ramadhan ini, kenaikan harga bahan pokok sangat tidak terkendali. Lihat saja harga daging di berbagai kota dan bahkan di Jakarta yang sudah mencapai Rp. 160.000 per kilonya dan pastin akan memberikan dampak kepada setiap orang, khususnya ibu rumah tangga yang pastinya membutuhkan salah satu bahan pokok ini.

Belum lagi bahan pokok lainnya  yang disampaikan oleh media banyak sekali bahan pokok lainnya yaitu bagaimana harga beras yang juga terus merangkak naik. Harga beras juga semakin meningkat. Belum lagi bahan pokok lainnya. Intinya, bahan pokok yang dibutuhkan oleh ibu rumah tangga dan juga pelaku usaha yang bergerak dalam bisnis kuliner.


Sebagai seorang entrepeneur, tentu hal ini harus dicermati dengan baik karena berhubungan dengan beberapa hal yang dijalankan oleh para entrepreneur. pertama adalah bagaimana dampaknya kepada biaya produksi yang dibutuhkan oleh setiap entrepreneur dalam membuat berbagai produk yang berhubungan dengan kuliner dan daging sebagai bahan baku utamanya. Produk-produk yang berbahan baku daging dan bahan pokok lainnya akan merasakan dampak kenaikan ini.

Belum lagi dampak pada konsumen yang pastinya merasakan kenaikan bahan pokok ini harus mengalihkan sebagian dari anggaran mereka untuk membeli kebutuhan lainnya karena perlunya kebutuhan rumah tangga yang diatur dan disusun agar semuanya dapat terpenuhi dengan baik. Alokasi sumber daya uang para ibu rumah tangga akan mempengaruhi daya beli mereka terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh para entrepreneur.

Oleh karena itu, entrepreneur harus kembali membuat strategi yang paling tepat bagi bisnis mereka yaitu bagaimana membuat proses bisinis yang bisa mendapatkan efisiensi dari proses bisnis ini. kenapa demikian? Hal ini harus dilakukan oleh para entrepreneur terlebih dahulu karena akan bisa melakukan cost reduction untuk bisnis yang mereka jalankan. Strategi ini memang harus dilakukan agar bisa terjadi pengurangan biaya ditengah tingginya harga bahan baku. Mulai dari Supplier, input, process, output dan customer.

Selain itu, entrepreneur mulai memanfaatkan media yang dapat mengurangi biaya promosi sembari dapat meningkatkan potensi dan prospek yang dapat membeli produk-produk mereka sehingga tetap terjadi peningkatan penjualan dengan memanfaatkan pasar yang benar-benar tepat disasar oleh para entrepreneur. bagaimana dengan anda? Hmmm….


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: