BUSINESS TODAY

Pemerintah Indonesia sedang menjalankan program Sensus Ekonomi yang menyasar seluruh komponen bisnis yang ada di negara ini, selain yang berhubungan dengan pertanian. Kegiatan ini dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang fokus dalam mengumpulkan data dan mengolah data sehingga bisa ditampilkan informasi yang berhubungan dengan kondisi ekonomi bangsa Indonesia sehingga nantinya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan ekonomi bangsa ditengah persaingan yang semakin tinggi.

Sebagai seorang entrepreneur, perlu mengambil pelajaran yang sangat berharga dari program pemerintah ini karena sejatinya seorang entrepeneur itu harus fokus dalam membuat keputusan bisnis dengan konteks bagaimana keputusan tersebut bisa memberikan kontribusi pada pencapaian tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Hal ini harus fokus pada pembuatan keputusan bisnis yang berdsarkan kepada informasi yang akurat, tepat waktu sampai dengan informasi yang memiliki kualitas tinggi dan relevan dengan bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepeneur. Hal ini menjadi fondasi dan kerangka berfikir dari setiap entrepreneur dalam membangun bisnis ketika setiap persaingan bisnis yang semakin tinggi dan bahkan setiap entrepeneur dari negara-negara ASEAN mulai memasuki pasar Indonesia. Semuanya berebut pasar yang sangat tinggi untuk kepentingan bisnis.
Inilah yang menjadi kerangka berfikir setiap entrepreneur karena berhubungan dengan kualitas keputusan bisnis yang harus diambil. Informasi menjadi kunci sukses mereka dan hasil sensus ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah menjadi sangat relevan untuk kemajuan bisnisnya.
Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur fokus nanti memanfaatkan setiap informasi untuk kepentingan bisnsinya. Dalam hal ini, setiap entrepreneur harus memiliki kompetensi yang baik dalam melakukan riset bisnis dan manajemen untuk menjadi dasar dalam membuat keputusan bisnis yang sangat relevan dengan  bisnis masing-masing. tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis itu penuh dengan seni dan sejatinya entrepreneur harus memiliki fondasi yang kuat berupa pengetahuan dan keterampilan dalam riset sehingga informasi yang disediakan oleh BPS itu menjadi bermanfaat bagi bisnisnya.
Oleh karena itu, sudah seharusnya seorang entrepreneur fokus dalam meningkatkan kompetensi diri dalam melakukan riset bisnis dan manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang bisa mencapai keunggulan bersaing bisnis agar profit, people, planet, sustainability sampai dengan bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar benar-benar tercapai. Bagaimana dengan anda? Hmmmmm… 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: