“Yang paling penting dalam manajemen adalah action dari setiap orang-orang yang dilibatkan dalam sebuah pekerjaan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien” demikianlah temuan dalam sebuah konsep manajemen yang perlu mendapatkan perhatian setiap entrepreneur dalam berbisnis. Temuan ini rasanya menjadi sebuah hal yang bersifat fondasi bagi para entrepeneur ketika ini membangun bisnis dalam jangka panjang serta bisnis yang tumbuh serta berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Action dalam sebuah manajemen sangat ditentukan oleh leadership yang dimiliki oleh para entrepreneur. leadership merupakan kepemimpinan yang sangat dibutuhkan untuk menggerakkan setiap potensi yang ada, khususnya orang-orang yang ada dalam perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Salah satu temuan yang paling penting juga adalah ketika seorang entrepeneru tidak mampu memimpin orang-orang dalam perusahaan untuk mencapai tujuan. Adanya rasa tidak enak, rasa sungkan  yang berlebihan adalah beberapa contoh yang sangat penting dalam memimpin sehingga rencana yang dibuat tidak dapat berjalan dengan tepat, apalati efektif dan efisien.

Konsep leadership itu adalah bagaimana kemampuan setiap entrepreneur mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. kemampuan mempengaruhi ini menjadi point utama bagi setiap entrepreneur dalam memimpin setiap orang yang ada di perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam setiap kegiatan.

Untuk mempengaruhi karyawan tersebut, tentu dibutuhkan cara-cara yang tepat. Salah satunya adalah ketegasan seorang entrepreneur dalam memimpin. Ketegasan yang dijalankan oleh entrepreneur ketika mereka sudah melakukan pendekatan secara lisan ataupun tulisan dengan cara yang lemah lembut karena hal itu juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempengaruhi karyawan untuk bekerja secara efektif dan efisien.

Ketegasan sangat diperlukan meskipun nanti ada yang tidak suka dengan cara seorang entrepreneur dalam memimpin tersebut. Sudah waktunya entrepreneur memiliki pemahaman ini karena kami teringat dengan konsep salah satu kegagalan utama seorang pemimpin adalah ketika mereka selalu berupaya untuk memuaskan banyak orang, termasuk karyawan mereka.

Sekarang, tinggal bagaimana seorang entrepreneur menjalankan ketegasan tersebut dalam dirinya ketika memimpin. Caranya berhubungan dengan bagaimana sikap dan cara komunikasi serta perilaku entrepeneur dalam menjalankan ketegasan tersebut. Cara komunikasi yang asertif dan juga perilaku yang fokus kepada hal yang dipermasalahkan serta tidak membawa hal-hal yang bersifat pribadi adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh entrepreneur dalam membangun ketegasan dalam memimpin.

STRABIZ Management Consulting


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: