Paling mudah aktivitas yang dilakukan oleh para manajer dalam menjalankan tugas untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien adalah bagaimana membuat sebuah rencana yang pastinya dilakukan oleh banyak entrepreneur dalam berbisnis. Silahkan ditanyakan kepada para entrepreneur, apakah mereka membuat perencanaan pada bisnis yang akan dijalankan? Pasti mereka membuat perencanaan karena sejatinya para entrepreneur itu sudah memahami bahwa siapa yang gagal membuat rencana, berarti mereka sudah merencanakan sebuah kegagalan dalam bisnis yang dipilih tersebut.

Jadi, perencanaan itu sudah menjadi sebuah aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap entrepreneur. akan tetapi, jangan terjebak pada konsep perencanaan itu sendiri. Hal yang perlu mendapatkan perhatian untuk sukses dalam pencapaian tujuan adalah bagaimana entrepreneur itu melakukan evaluasi dan kontrol rencana  yang sudah dibuat. Ingat, hubungan antara perencanaan dengan evaluasi dan kontrol sangat erat yang menentukan tingkat keberhasilan dari setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.
Melakukan evaluasi dan kontrol itu adalah bagaimana pertama, entrepreneur melakukan perbandingan antara target yang dalam hal ini dibuat dalam kerangka perencanaan yang dilakukan oleh setiap entrepreneur. perbandingan tentu melihat sejauh mana hasil yang dicapai oleh setiap entrepreneur dalam konteks target tersebut. Yang jelas, dalam  konteks bisnis, tujuan para entrepreneur adalah bagaimana membuat bisnis yang profitable, memberikan manfaat kepada orang lain, memberika manfaat bagi lingkungan dalam jangka panjang serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala m mikro, kecil, menengah dan besar. Lakukan perbandingan secara objektif agar terlihat sejauh mana tujuan tersebut dicapai.
Yang kedua adalah pengendalian, dimana setiap entrepreneur harus bisa melakukan perbaikan terus menerus dalam sebuah pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan. Continues Improvement adalah tugas utama seorang entrepeneur sehingga mereka perlu melakukan hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana sejatinya seorang entrepreneur fokus dalam hal-hal yang relevan dengan perbaikan terus menerus.
Adanya sebuah konsep PDCA atau Plan, Do, Check dan Action adalah dasar bagi setiap entrepreneur dalam melakukan konsep managerial sehingga mereka sudah harus menyadari sejauh mana hal ini bisa dilakukan untuk kebaikan dalam berbisnis. Jangan sampai salah dalam melakukan aktivitas managerial karena itu akan menentukan keberhasilan jangka panjang setiap entrepreneur.
Oleh karena itu, sudah waktunya entrepreneur fokus dalam melakukan evaluasi dan kontrol atas perencanaan yang sudah dibuat.
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: