Tugas dan tanggungjawab setiap entrepreneur dalam berbisnis adalah bagaimana membuat sebuah tim untuk bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan oleh diri mereka yang berperan sebagai seorang manajemen. Tentu tidaklah mudah membuat sebuah tim yang akan bisa mengerjakan tugas yang harus dikerjakan oleh orang lain karena ada dimensi waktu yang tidak bisa ditinggalkan. Ketika itu terjadi, jelas seorang entrepreneur dituntut untuk bisa membangun tim yang solid untuk mencapi tujuan.


Salah satu fondasi dalam membangun tim adalah bagaimana mengkomunikasikan kebijakan yang berhubungan dengan tim tersebut. Kebijakan yang nantinya akan menentukan bagaimana pencapaian tujuan dan akan mempengaruhi setiap orang dalam tim. Tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi menjadi faktor penentu bagi setiap orang dalam tim dalam bekerja untuk mencapai tujuan. Komunikasilah kunci sukses setiap entrepreneur.

Bicara kebijakan, tentu yang harus diperhatikan juga adalah isi dari kebijakan tersebut. Ingat, kebijakan harus difokuskan pada aspek yang berhubungan dengan pekerjaan karena kalau keluar dari pakem pekerjaan, akan menjadikan hal yang abu-abu sehingga banyak hal yang tidak berhubungan dengan perusahaan, akan dibahas oleh anggota tim. Kebijakan itu harus benar-benar relevan dengan pekerjaan yang dilakukan.

Kedua adalah harus diperhatikan dampak dari setiap kebijakan kepada diri para anggota tim dan bagaimana juga secara lebih luas yaitu perusahaan itu sendiri. Bicara tentang dampak, akan menjadi dasar bagi setiap entrepreneur dalam membangun tim yang kuat. Dampak itu berjangka panjang dan jelas tim juga akan merasakan bagaimana keberadaan setiap entrepeneur dalam bagian pencapaian tujuan secara bersama-sama.

Ketiga, sejaumana entrepreneur mempersiapkan “amunisi” untuk menjalankan kebijakan. Artinya, harus dipersiapkan juga bagaimana program, anggaran sampai dengan fasilitas pendukung untuk menjalankan kebijakan tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap kebijakan itu membutuhkan perlengkapan dan kelengkapan yang dapat menjalankannya. Ketika ini tidak disiapkan, jelas kebijakan tidak akan bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh manajemen. Hal ini sangat strategik bagi setiap entrepreneur.

Oleh karena itu, bagi setiap entrepreneur harus memperhatikan dan mengkomunikasikan kebijakan yang dibuat oleh entrepreneur dalam membangun tim. Hal ini penting bagi setiap entrepreneur agar bisa diselesaikan oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Harus benar-benar diperhatikan kebijakan yang dibuat dan relevan dengan bisnis yang dijalankan dan dikembangkan oleh entrepreneur.

STRABIZ Management Consulting


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: