Sebagai seorang entrepreneur, tantangan terberat yang akan dihadapi adalah bagaimana membangun sebuah tim yang dapat mencapai tujuan dari aktivitas bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability dan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah serta besar. Ini adalah tanggungjawab setiap entrepreneur dalam bisnis dan pastinya tidak akan bisa dicapai sendiri karena akan menentukan efektivitas dan efisiensi.
Jangan sampai terjebak seorang entrepreneur bekerja sendiri dimana semuanya dikerjakan sendiri dan pastinya akan capek sendiri. Semuanya adalah pemahaman yang sangat dasar ketika seorang entrepreneur fokus dalam berbisnis dan hanya sendiri, jelas bisnisnya tidak akan bisa tumbuh dan berkembang. Ini adalah sebuah fakta yang tidak bisa ditolak oleh para entrepeneur. Oleh karena itu, sejatinya seorang entrepreneur fokus juga dalam membangun sebuah tim untuk mencapai tujuan bisnis.

Lalu, apa yang diperlukan oleh entrepreneur dalam membangun tim yang kuat? Ketegasan dalam bentuk target yang hendak mereka capai adalah salah satu komponen utama yang harus dilakukan dan dibuat oleh setiap entrepreneur. tentu hal ini berawal dari sejauh mana seorang entrepreneur membuat target yang SMART yaitu target yang spesifik, target yang terukur, target yang dapat dicapai, target yang realistis sampai dengan target yang pencapaiannya sesuai dengan time table atau jadwal yang dibuat oleh entrepreneur itu sendiri.
Hal ini adalah tahapan pertama yang harus dilakukan oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Lalu, target ini harus dikomunikasikan kepada anggota tim yang notabene adalah karyawan mereka masing-masing. komunikasi yang jelas dan terus menerus akan membantu setiap orang dalam perusahaan mengetahuan dan memahami apa yang hendak mereka capai dalam berbisnis apalagi dalam konteks mereka sebagai bagian dari tim yang dibangun oleh entrepreneur.
Barulah setelah itu konsisten dengan membuat program yang jelas dan tegas untuk mencapai target. Ketegasan setiap entrepreneur terhadap target ini akan tercermin pada apa yang dilakukan oleh setiap entrepreneur dan karyawan setiap hari. Ketegasan yang digambarkan pada fokus pada target tersebut dan berupaya sepenuh tenaga dan bahkan mengeluarkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mencapainya.
Akan terlihat perbedaan seorang entrepreneur yang benar-benar tegas pada tujuan dengan yang tidak tegas dimana mereka lebih sering melakukan hal-hal yang tidak relevan dengan target. Inilah yang harus dilakukan entrepreneur agar bisa membangun tim yang kuat.
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: