Business Today

 
Menjadi entrepreneur memang dituntut untuk menjadi seseorang yang benar-benar bisa fokus dalam mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainable sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Tuntutan ini memang menjadi hal yang harus dipenuhi oleh setiap entrepreneur karena hakekat mereka itu adalah bagaimana fokus dalam mencapai tujuan tersebut ditengah perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak bisa dikontrol dan mengalami kondisi yang turbulensi.
 
Dalam konteks ini, seorang entrepreneur benar-benar menjadi ahli strategi yang harus bisa memiliki konsep strategic entrepreneurship dimana mereka menggabungkan antara ilmu entrepreneurship dengan ilmu manajemen strategik. Jelas hal ini akan berhubungan dengan dua ilmu yang saling berhubungan sehingga tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Apalagi berhubungan dengan bagaimana perubahan lingkungan bisnis.
 
Konsep dasar setiap entrepreneur adalah bagaimana setiap entrepreneur bisa mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan dimana bisnis mereka harus bisa mencapai tujuan bisnis. ketika hal ini bisa dimiliki oleh setiap entrepreneur, mereka akan tetap bisa fokus berbisnis dan memberikan manfaat buat diri sendiri, orang lain, lingkungan alam dalam jangka panjang dn dalam kerangka bisnsi yang tumbuh dan berkembang.
 
Sebagai seorang entrepreneur, jelas sekarang bagaimana entrepreneur harus menanamkan dalam benak mereka bahwa kalau bisnis mau tetap bertahan, harus mencapai sustainable competitive advantage. Lihat saja bagaimana perusahaan  yang dibangun oleh entrepreneur yang benar-benar dengan dasar keunggulan bersaing terhadap pesaing yang pastinya akan terus berupaya untuk mengalahkan entrepreneur tersebut.
 
Oleh karena itu, sudah waktunya setiap entrepreneur fokus dalam mencapai keunggulan bersaing dengan mengamil strategi cost leadership, focus cost leadership, differensiasi, fokus differensiasi atau bagaimana bisnis yang memilih stategi cost leadership dengan mengupayakan differensiasi ataupun sebaliknya. Semuanya harus benar-benar ada di benak setiap entrepreneur. kegagalan seorang entrepreneur dalam menetapkan dan menjalankan strategi, akan membuat bisnis para entrepreneur tidak akan dapat bertahan lama karena pesaing benar-benar ingin mengalahkan entrepreneur.
 
Disinilah entrepreneur harus benar-benar fokus untuk memikirkan dan menjalankan strategi yang dapat mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Tidak ada pilihan lain kalau ingin tetap bertahan dan terus mengembangkan usaha kalau tidak menjalankan strategi yang tepat. Bagaimana dengan anda? Sudah siap untuk menanamkan konsep sustainable competitive advantage di benak masing-masing? hmmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: