Beruntunglah setiap entrepreneur yang menjadi binaan program Corporate social Responsibility (CSR), baik perusahaan swasta ataupun perusahaan milik negara (BUMN) dengan program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Selalu kami sampaikan bagaimana baiknya entrepreneur itu bisa fokus memanfaatkan social capital dalam berbisnis ditengah tingginya tingkat persaingan serta mahalnya berbagai kebutuhan untuk menjalankan dan menumbuhkembangkan bisnis.
  1. Memiliki mindset program CSR adalah social capital

Entrepreneur harus membangun sebuah mindset atau sikap mental baru dalam bisnis mereka yaitu bagaimana menjadikan program CSR sebagai sebuah modal sosial atau social capital bagi mereka ditengah sulitnya mendapatkan sumber daya dalam bisnis.
  1. Program CSR menjadi intangible asset bagi entrepreneur
Program CSR memberikan sebuah asset yang tidak tampak atau intangible asset bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis. Asset yang tidak mudah didapatkan karena mahal dalam kondisi setiap entrepreneur memiliki keterbatasan dalam keuangan.
  1. Membawa nama perusahaan yang memberikan program CSR dalam kegiatan perusahaan
Bawa nama perusahaan pemberi program CSR dalam setiap aktivitas bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur. hal ini dapat dilakukan dalam bentuk kartu nama dimana entrepreneur itu adalah binaan perusahaan tersebut.
  1. Memahami filosofi mereka perusahaan
Entrepreneur juga berkewajiban untuk memahami filosofi yang dimiliki oleh perusahaan pemberi program CSR. Sudah waktunya entrepeneur melakukan aktivitas yang beririsan dengan kegiatan bisnis perusahaan tersebut.
  1. Mengenalkan bahwa entrepreneur binaan dari perusahaan pemberi program CSR
Entrepreneur harus benar-benar bisa mengenalkan perusahaan pemberi program CSR kepada stakeholders mereka. Komunikasikan juga kepada setiap orang yang berhubungan dengan entrepreneur.
  1. Menjaga nama baik
Jagalah nama baik setiap perusahaan yang notabene adalah milik para entrepreneur. karena ini akan berhubungan satu sama lain dengan perusahaan pemberi program CSR. Jangan lakukan hal-hal yang merugikan setiap entrepreneur.
  1. Lakukan evaluasi dan perbaikan
Sebagai seorang entrepreneur yang menjadi binaan program CSR dan PKBL, tentu harus fokus dalam melakukan evaluasi dan perbaikan terus menerus dalam menjaga nama baik dan membawa nama perusahaan pemberi program CSR.
Inilah beberapa tips menjadi binaan program CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: