Keberhasilan setiap entrepreneur adalah ketika mereka bisa menjalankan setiap project yang notabene adalah bagian dari aktivitas perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan berupa profit, people, planet, sustainability sampai dengan bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar melalui orang lain yang dalam hal ini menerapkan konsep manajemen yaitu bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain.
Dalam hal ini, konsep manajemen bisa disebut sebagai sebuah tool yang harus dijalankan oleh setiap entrepreneur untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai. Lalu, tergantung kepada bagaimana setiap entrepeneur membangun tim yang solid dan mampu berkontribusi secara optimal untuk mencapai tujuan tersebut. Ini adalah konsep dasar yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Satu hal yang sangat penting bagi setiap entrepeneru adalah bagaimana mereka mendampingi setiap anggota tim yang sedang berjuang dalam menjalankan tugas untuk mencapai tujuan tersebut. Damping mereka dan ini akan memberikan manfaat bagi pembangunan setiap tim yang diharapkan dapat bekerja secara optimal. Tidak bisa seorang entrepeneur hanya melepaskan seluruh tanggungjawab kepada anggota tim karena ada keterbatasan seorang anggota yaitu knowledge, skill dan attitude mereka untuk mencapai tujuan setiap project.
Oleh karena itu, sudah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap entrepreneur untuk mendampingi setiap karyawan atau anggota tim ketika mereka membutuhkan pertemuan dengan stakeholders yang membang membutuhkan pertemuan dengan para entrepreneur . ada keputusan yang memang harus dibuat oleh tim sehingga dengan kehadiran entrepeneur, akan memudahkan mereka untuk membuat keputusan dengan cepat dan membuat stakeholders menjadi lebih puas dengan pertemuan tersebut.
Akan tetapi, perlu dipertimbangkan bahwa sejatinya pertemuan itu adalah inisatif dari anggota dan bukannya dari entrepreneur. dalam konteks ini, biarlah karyawan mempersiapkan segala sesuatunya untuk pertemuan dan jelaskan tujuan yang hendak dicapai. Hal ini penting untuk melihat sejauh mana efektivitas dari setiap pertemuan tersebut. Jangan terjebak dengan hal-hal yang abu-abu karena akan menentukan bagaimana hasil dari pertemuan.
Selanjutnya adalah jelaskan posisi dari entrepreneur dalam pertemuan tersebut sehingga karyawan juga memahami apa tugas yang harus mereka lakukan untuk pertemuan. Jangan sampai tidak jelas karena nantinya terkesan semuanya dihandle atau diambil alih oleh para entrepeneur. Tentu hal ini tidak diharapkan terjadi karena tidak terjadi team building yang efektif. So, dampingi karyawan
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: