Tugas utama seorang entrepreneur adalah membuat keputusan bisnis yang memperhatikan beberapa aspek yang terangkum dalam tujuan bisnis yaitu profi, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Diantara hal tersebut, yang paling utama adalah bagaimana keputusan fokus pada pencapai TP = TR – TC yaitu profit yang dihasilkan dari total revenue yang dikurangi dengan total cost.


1.       Membuat Standard Operating Procedures
Tugas utama entrepreneur adalah membuat SOP dengan menuliskan apa yang dijalankan dan menjalankan apa yang sudah ditulis. Perhatikan apa yang dilakukan selama ini.

2.       Melakukan perbandingan dengan apa yang dilakukan oleh entrepreneur
Entrepreneur perlu melakukan perbandingan SOP yang dibuat dengan yang dijalankan oleh perusahaan lain dan sukses. Inilah konsep Best Practices yang memang harus menjadi salah satu acuan yang bisa dipilih oleh entrepeneur.

3.       Melakukan perbaikan
Tidak ada SOP yang dibuat langsung menjadi yang terbaik. Perbaikan terus menerus harus dilakukan untuk mencapai SOP yang paling tepat

4.       Menetapkan SOP
Inilah yang harus dilakukan oleh entrepreneur yaitu menetapkan SOP tersebut secara resmi sehingga dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan setiap proses yang ada di manajemen keuangan.

5.       Menjelaskan SOP kepada karyawan
Tugas utama entrepreneur adalah menjelaskan kepada karyawan tentang SOP yang ada dan harus detail agar mereka tahu dan paham serta sadar untuk menjalankannya.

6.       Menjalankan SOP
Jalankn SOP  yang sudah ditetapkan dan dijelaskan kepada karyawan. Tanpa menjalankan SOP, tidak akan berlaku proses yang ada dalam keuangan dengan efektif dan efisien. tentu tidak diharapkan oleh setiap entrepreneur karena kalau tidak, semuanya akan kembali lagi kepada para entrepreneur dalam berbisnis. Pasti pusing lagi. Dalam hal ini, entrepreneur juga harus mempersiapkan fasilitas pendukung bagi terlaksananya SOP. ATK, sistem informasi dan alat tulis adalah beberapa contoh alat yang harus disiapkan.

7.       Melakukan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus
Hal inilah yang penting bagi setiap entrepeneur dalam mengelola keuangan yaitu bagaimana mereka fokus dalam mengevaluasi SOP keuangan yang dibuat serta perbaikan terus menerus.

Inilah beberapa tips FINANCIAL MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan pengurus koperasi dalam kerangka membangun manajemen sistem koperasi yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our cooperatives
STRABIZ Management Consulting



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: