Sebagai seorang entrepeneur, tanggungjawab mereka adalah bagaimana bisa meningkatkan profitabilitas setiap karyawan yang ada dalam perusahaan karena ini menggambarkan bagaimana setiap entrepeneur bisa mencapai tujuan perusahaan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Keberhasilan entrepreneur itu sangat ditentukan oleh karyawan yang ada dalam perusahaan mereka.
Akan tetapi, seringkali entrepreneur terjebak pada bagaimana merekrut karyawan tetapi tidak fokus dalam membuat infrastruktur yang dibutuhkan oleh setiap karyawan dalam bekerja. Salah satunya adalah job description atau gambaran tugas yang melekat pada setiap posisi yang ada dalam perusahaan. beberapa tips yang harus dilakukan adalah


1.       Memahami proses bisnis setiap entrepeneur
PRoses bisnis yang ada dalam perusahaan menjadi dasar bagi setiap entrepreneur dalam membuat job description. Ada kegiatan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang menjadi aktivitas utama dalam setiap perusahaan. proses bisnis ini akan membantu arahan bagi job description tersebut.
2.       Pahami aktivitas yang ada dalam perusahaan
Aktivitas utama dalam perusahaan adalah dasar untuk membangun kerangka job description yang detail dan membuat setiap karyawan memahami aktivitas dan keterhubungan antar aktivitas tersebut.
3.       Tuliskan aktivitas yang dilakukan dalam setiap posisi
Menuliskan setiap aktivitas adalah bagian dari job description. Hal ini bisa dimulai dengan menuliskan kata kerja dalam setiap aktivitas. Tentu dibutuhkan kemampuan yang berhubungan dengan analisis dari apa yang ditulis oleh setiap karyawan dalam job description tersebut.
4.       Evaluasi rangkaian aktivitas tersebut
Tugas utama juga yang harus dilakukan oleh entrepeneur dalam membuat job description yang efektif adalah mengevaluasi job desc yang sudah dibuat. Hal ini dilakukan dengan membandingkan tingkat efektifitas dan efisiensi atas job desc tersebut. Perbaikan perlu dilakukan agar job desc bisa memberikan kontribusi pada pemahaman dan arahan yang tepat bagi setiap karyawan dalam bekerja.
5.       Tetapkan sebagai jobdescription
Barulah setiap entrepreneur menetapkan sebagai job description yang akan digunakan dalam setiap perusahaan yang nantinya bisa menjadi dasar bagi setiap karyawan dalam bekerja. Ini penting setiap entrepreneur dalam membagi pekerjaan bagi setiap karyawan dalam bekerja di perusahaan untuk mencapai tujuan.
Inilah beberapa tips HUMAN RESOURCES MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: