Setiap entrepreneur menghasilkan produk untuk ditawarkan kepada para konsumen. Produk yang sejatinya menjadi sebuah value bagi para konsumen dan itu dibandingkan dengan cost yang mereka keluarkan, baik itu monetary cost, time cost, energy cost serta psychological cost. Semuanya harus dilihat secara keseluruhan oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis.
 
Oleh karena itu, entrepeneur harus fokus kepada bagaimana produk, yang bisa berupa barang atau jasa, ide, pengalaman, informasi, tempat, orang, event menjadi sebuah solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh setiap entrepeneur. Lalu, apa yang harus dilakukan?
1.       Sadari bahwa produk itu adalah sebuah solusi bagi konsumen
Nyata sifatnya ketika setiap orang dalam hidup ini menghadapi masalah dan ini juga terjadi pada diri setiap konsumen. Masalah ini harus diberikan sebuah solusi agar konsumen bisa puas dengan produk yang ditawarkan. Ini harus ada di mindset setiap entrepeneur.
 
2.       Mulai mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh konsumen, baik nyata ataupun latent
Problem identification adalah tahap pertama dalam diri entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh konsumen, yang pastinya tidak akan tetap, tetapi, bisa dimodelkan untuk sekelompok target market.
 
3.       Menjadikan produk tersebut menjadi best solution dalam konteks output, outcome dan impact
Buatlah produk yang memberikan solusi terbaik dalam konteks output, outcome serta impact pada diri dan bisnis para konsumen. Hal ini berhubungan dengan tingkat persaingan yang dihadapi oleh para entrepreneur dalam berbisnis.
 
4.       Berikan layanan kepada konsumen
Layanan yang terbaik menjadi pembungkus produk yang diberikan kepada setiap konsumen. Ini menjadi point utama dan bahkan layanan tersebut harus sampai kepada konsep peduli kepada setiap konsumen.
 
5.       Bangun hubungan jangka panjang dengan konsumen
Ini yang tidak kalah penting yaitu bangun hubungan jangka panjang dengan konsumen dalam konteks customer relationship management yang sangat dibutuhkan oleh para entrepeneur dalam membuat keuntungan bisnis mereka dalam jangka panjang juga.
 
6.       Terus lakukan inovasi produk seiring dengan perubahan masalah konsumen.
Hal ini menuntut setiap entrepeneur harus benar-benar mengikuti perubahan setiap konsumen karena lingkungan.
 
Inilah beberapa tips MARKETING MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan pengurus koperasi dalam kerangka membangun manajemen sistem koperasi yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our cooperatives
STRABIZ Management Consulting
 
 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: