Sebagai seorang entrepreneur, jelas berharap bagaimana produk yang dihasilkannya itu bisa diterima oleh pasar sehingga dapat transaksi. Akan tetapi, jelas semuanya harus melewati fase yaitu AIDA dimana harus terbangun attention, interest, desire sampai dengan action dalam bentuk transaksi pembelian yang dilakukan oleh setiap konsumen kepada para entrepreneur. sadar tidak sadar, entrepreneur harus bisa membangun kesadaran dalam diri masing-masing.


1.       Menetapkan pasar yang akan dilayani
Hal ini adalah langkah awal yang harus dilakukan oleh para entrepreneur yaitu bagiamana menetapkan pasar yang akan dilayani karena ini akan menentukan pengelompokkan pasar yang akan dipayani secara optimal

2.       Memahami need, want dan demand pasar
Selanjutnya adalah pahami need, want dan demand pasar terserbut. Tentu hal ini akan berhubungan dengan bagaimana setiap konsumen harus dipahami dengan baik untuk melihat ketiga konsep di atas.

3.       Membuat produk yang sesuai dengan need, want dan demand pasar
Disinilah moment of truth bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis dimana mereka membuat produk yang berkualitas dan sesuai dengan need, want dan demand tersebut. Tidak bisa dipungkiri bahwa produk yang berkualitas akan menentukan bagaimana pemenuhan kebutuhan, keinginan dan permintaan konsumen.

4.       Membuat produk yang unggul dari pada pesaing
Yang paling penting saat ini adalah bagaimana produk tadi harus dipoles dengan dasar bagaimana produk tersebut bisa lebih baik dibandingkan pesaing ditengah tingginya tingkat persaingan saat ini.

5.       Komunikasikan kepada konsumen melalui tester
Produk yang sudah dibuat harus dikomunikasikan kepada setiap calon konsumen dimana mereka bisa mencoba produk yang dihasilkan oleh setiap entrepreneur dimana dengan mencoba, maka akan sangat terasa oleh para konsumen. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa mereka akan mendapatkan persepsi yang baru tentang produk yang ditawarkan.

6.       Promosikan melalui iklan
Iklan juga dibutukan oleh entrepreneur agar produknya akan jauh lebih dikenal oleh lebih banyak calon konsumen. Iklan melalui pamphlet, web dan lain-lain bisa digunakan oleh para entrepreneur.

7.       Dapatkan respon dari target pasar
Inilah yang paling penting yaitu bagaimana mengevaluasi respon dari target pasar atas produk yang dihasilkan dan dikomunikasikan.
Inilah beberapa tips MARKETING MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan pengurus koperasi dalam kerangka membangun manajemen sistem koperasi yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our cooperatives

STRABIZ Management Consulting



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: