Bisnis konsultan yang dijalankan oleh para entrepreneur itu memiliki karakteristik yang sangat unik karena jelas bisnis ini adalah salah satu bentuk dari bisnis jasa yang tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, proses produksi sama dengan proses konsumsi serta yang tidak kalah penting adalah bagaimana bisnis ini tidak dapat disimpan. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah bagaimana tingkat persaingan.

1.       Konsep dasar bisnis ini adalah value
Bisnis konsultan itu tidak menghasilkan barang sehingga fokuskan bisnis pada penciptaan nilai atau value creation. Konsumen membutuhkan nilai dari jasa yang diberikan kepada mereka dan tidak dapat dipungkiri bahwa ini menjadi kunci sukses seorang entrepreneur dengan menjadi konsultan. 
2.       Value  yang diberikan itu adalah superior value
Berikan nilai yang lebih tinggi daripada pesaing dimana superior value itu adalah faktor daya tarik jasa  yang diberikan kepada konsumen.
3.       Buat produk yang berkualitas
Produk berupa jasa  yang berkualitas harus menjadi kunci sukses bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis.
4.       Kualitas orang  yang kompeten
Karena jasa itu tidak dapat dilihat, maka diperlukan orang-orang yang kompeten dalam memberikan konsultasi kepada konsumen.
5.       Berikan jasa
Jasa itu juga harus dibungkus dengan service yang tidak dapat dilepaskan dari konsultasi yang diberikan. Lihat saja bagaimana layanan berupa Tangible, Empathy, Responsiveness, Reliability sampai dengan assurance dalam jasa yang diberikan.
6.       Image
Ini yang tidak kalah penting yaitu bagaimana citra yang melekat pada jasa konsultasi yang diberikan kepada konsumen. Citra ini menjadi tanggungjawab dari setiap entrepreneur. 
7.       Biaya yang relative
Biaya yang ditawarkan kepada konsumen itu harus relative, artinya, disesuaikan dengan konsultasi yang diberikan.
8.       Time cost
Berikan time cost yang rendah dari setiap hal yang melekat pada jasa yang diberikan kepada konsumen.
9.       Energy cost
Rendahkan biaya atau pengorbanan dalam konteks tenaga yang harus dikeluarkan oleh setiap konsumen.
10.   Psychological cost
Ketika konsumen mendapatkan layanan konsultasi, entrepeneur harus bisa memberikan hal tidak membuat konsumen stress dimana buat konsumen nyaman dengan solusi yang diberikan.
Inilah beberapa tips MARKETING MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem koperasi yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our cooperative
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: