BUSINESS TODAY
Satu hal yang sangat mendasar bagi setiap entrepreneur adalah melihat bagaimana perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Salah satunya adalah bagaimana kondisi mahalnya harga kebutuhan pokok di bulan Ramadhan ini. Tentu hal ini tidak bisa dilepaskan dari kondisi makro ekonomi negara ini. mahalnya disebabkan oleh rantai distribusi yang masih panjang. Hal ini nyata adanya dan pasti tidak akan bisa diabaikan.

Hal yang menarik dari mahalnya harga sembako tersebut adalah kebijakan pemerintah untuk memotong jalur distribusi yang ada, mulai dari supplier yang pastinya memiliki rantai yang sangat panjang. Tidak dapat dipungkiri ini adalah hal yang mendasar untuk dibenahi pemerintah. Akan tetapi, perlu diamati bagaimana kecepatan dari pemerintah untuk merubah rantai nilai yang ada di level channel of distribution yang berasal dari petani sampai dengan konsumen akhir.


Masyarakat juga membutuhkan perubahan yang cepat dari pemerintah untuk menurunkan harga bahan kebutuhan pokok yaitu bagaimana dibulan suci Ramadhan ini diharapkan dapat berkontribusi pada penurunan harga sehingga masyarakat dapat membeli bahan pokok sesuai dengan harga yang normal.

Pelajaran yang bisa diambil oleh para entrepreneur dalam konteks ini adalah bagaimana sejatinya seorang entrepreneur dalam membuat keputusan bisnis itu ada keputusan yang janka pendek, jangka menengah sampai dengan jangka panjang. Hal ini sangat relevan karena berhubungan dengan problem solving yang dihadapi oleh para entrepeneur. Ingat, entrepeneur itu memiliki tujuan membuat bisnis yang profitable, memberikan manfaat bagi banyak orang, menjaga kelestarian alam, sustainable sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil menengah dan besar.

Sudah sejatinya seorang entrepreneur harus bisa membuat keputusan yang relevan dengan permasalahan  yang dihadapi oleh masing-masing entrepreneur. ada kalanya, mereka harus benar-benar berfikir jangka panjang, akan tetapi, jangan dilupakan tujuan jangka pendek yang pastinya sangat berhubungan dengan hidup matinya bisnis para entrepreneur. jangan terjebak dengan bagaimana seorang entrepreneur fokus pada jangka panjang dan melupakan keputusan jangka menengah dan jangka panjang.

Oleh karena itu, sudah waktunya para entrepeneur mulai fokus dalam membuat keputusan jangka pendek, menengah dan jangka panjang sehingga benar-benar bisa menjadi seseorang yang ahli strategi bisnis dan manajemen. Jangan sampai terjebak ya… bagaimana dengan anda? hmmmmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: