Inilah yang menjadi temuan saya beberapa hari ini ketika bertemu dengan para entrepeneur dari berbagai kalangan industri. Para entrepeneur itu sepakat menyatakan bahwa bisnis itu banyak masalah dan masalah itu tidak pernah berhenti. Akibatnya, banyak orang yang salah dalam menghadapinya.
Masih ingat ketika ada empat orang yang bunuh diri yang merupakan satu keluarga di pekalongan dan cirebon dengan meneguk obat nyamuk. Mereka mati secara bersama-sama dan diduga diakibatkan oleh utang yang tidak selesai dalam bisnis mereka. utang adalah menjadi sesuatu yang penting untuk dipahami dengan baik karena akan membuat masalah yang kecil menjadi besar dan bahkan sangat besar. Inilah salah satu bentuk masalah yang ada dalam bisnis.

Pada dasarnya, apa yang terjadi pada keluarga tersbeut jelas salah dalam menghadapi masalah dalam bisnis. Banyak masalah lainnya yang muncul dan menuntut setiap entrepeneur untuk bisa memahami dengan baik dan mencari solusinya yang tepat.  Bagiamana sebaiknya mengatasi hal ini? belum lagi masalah di pemasaran dengan komplain konsumen, penjualan tidak mencapai target, masalah di operasi dengan banyak nya defect, masalah di sumber daya manusia dengan banyaknya karyawan yang tidak masuk dan lain-lian.
ini akan selalu dihadapi oleh para entrepeneur dalam bisnis. Masalah yang tidak akan pernah berhenti dan bahkan akan terus berkembang seiring dengan perubahan lingkungan bisnis. Disinilah faktor individu dari entrepeneur sendiri yang akanmenentukan bagaimana mereka menghadapi masalah ini dan menyelesaikannya dengan baik sehingga tidak akan merugikan perusahan dan bahkan menemukan peluang dari setiap masalah tersebut.
Kreativitas dan inovasi yang menjadi ciri utama setiap entrepeneur menjadi kunci yang harus ditingkatkan. Kreativitas berhubungan dengan bagaimana setiap entrepeneur bisa mengembangkan ide-ide mereka untuk menyelesaikan masalah dan bahkan menemukan peluang dari masalah terserbut. Ide ini harus dikembangkan dengan banyak membaca buku ataupun majalah serta artikel-artikel bisnis dan manajemen.
cara lainnya adalah dengan berdiskusi. Kegiatna ini penting untukmeningkatkan kreativitas. Akan tetapi, terlepas dari itu semua, jelas kegiatan ini menuntut setiap entrepeneur untuk memiliki passion yang kuat terhadap bisnis mereka sehingga setiap kegiatan untuk meningkatkan kreativitas mereka bisa berjalan dengan baik. dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kreativitas ini karena setiap orang harus optimal dan sungguh-sungguh dalam menjalankannya.
Inilah yang menjadi kunci bagi setiap entrepeneur dalam berbisnis yaitu bagaimana bisnis mereka itu didasarkan kepada talent yang terdiri dari potensi diri dan passion yang ada. Tugas entrepreneur itulah untuk fokus pada bisnis yang sesuai dengan potensi diri dan passion mereka. Sukses buat kita semua.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: