Seorang entrepreneur saangat tergantung kepada karyawan mereka dalam menjalankan bisnis. Rasanya, hal ini tidak perlu dibantah lagi karena memang tuntutan kepada setiap entrepreneur untuk sukses itu sangat besar dan sangat ditentukan oleh para karyawan atau tim mereka.

Inilah kesimpulan yang saya dapatkan ketika beberapa hari ini mengamati dan menganalisis perilaku yang dituntjukkan oleh entrepreneur dalam berbisnis. Kesimpulan bahwa entrepreneur itu hanya akan bisa membuat bisnis mereka tumbuh dan berkembang dengan menggunakan manajemen.


Bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien adalah esensi dari manajemen dan harus dilakukan oleh setiap entrepreneur. tidak ada tawar menawar karena untuk membuat bisnis mereka tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar, sangat membutuhkan orang lain untuk menjalankannya.

Dalam kerangka seperti ini, entrepreneur harus melakukan komunikasi dengan setiap karyawan untuk bisa menjelaskan apa yang diinginkan dari mereka dan mereka juga menyampaikan apa yang mereka inginkan kepada setiap entrepreneur. tidak bisa dilakukan secara sepihak oleh setiap entrepreneur.
Hal ini penting untuk disadari bahwa komunikasi dua arah itu harus dilakukan oleh setiap entrepreneur. komunikasi yang memang dilakukan oleh entrepreneur kepada karyawan dan juga sebaliknya. Tidak gampang pastinya karena akan menuntut kesiapan dan komitmen untuk menjalankannya.

Oleh karena itu, setiap entrepreneur harus bisa membuat sesuatu yang menarik dalam komunikasi dan secara konsisten untuk terus membukakan komunikasi untuk setiap karyawan mereka. Jangan terjebak dengan apa yang dilakukan oleh banyak orang ketika mereka takut untuk berkomunikasi dua arah dengan karyawan tersebut.
Kedepannya, setiap entrepreneur sangat dituntut untuk bisa berkomunikasi dua arah dengan setiap karyawan agar terjalin mutual understanding untuk membangun dan menjalankan bisnis tersebut. Hal ini akan menjadi sumber keunggulan bersaing untuk perusahaan saat ini dan yang akan datang.
TIM STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: